Kemenhub Siapkan Konsep “Smart City, Smart Mobility” di Ibu Kota Baru

oleh -
FGD Kemenhub dengan tema “Menggali Potensi Konektivitas Ibu Kota Baru” di Balikpapan, Kaltim, Kamis (19/9/19). (Foto Kemenhub)

JALAJAHNUSAE.com – Untuk menunjang pengembangan sektor transportasi di ibu kota baru, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyiapkan konsep “Smart City, Smart Mobility”. Hal tersebut pun diangkat dalam kegiatan Focus Group Discussion (FGD) dengan tema “Menggali Potensi Konektivitas Ibu Kota Baru” di Balikpapan, Kalimantan Timur (Kaltim), Kamis (19/9/19).

Bersumber dari laman Kemenhub, pengertian konsep “smart city, smart mobility” yaitu membuat sistem transportasi yang ramah lingkungan dan berteknologi tinggi.

Menurut Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, transportasi massal menjadi angkutan utama yang digunakan masyarakat di ibu kota baru. Salah satunya, transportasi massal bernama ART (Autonomus Rail Rapid Transit).

“Angkutan massal yang dibangun di ibu kota baru diantaranya adalah kereta api, karena ramah lingkungan dan kapasitasnya banyak, dan waktunya juga tepat. Salah satu jenis kereta api yang berteknologi tinggi yang bisa digunakan yaitu Autonomous Rail Rapid Transit (ART), atau kereta tanpa rel,” jelas Budi Karya.