Ratusan Bus Gratis Disiapkan Untuk Angkutan Bogor-Jakarta, Ini Lokasinya

oleh -
Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menyediakan bus gratis untuk penumpang kereta dari Bogor-Jakarta. Kebijakan ini dilakukan untuk mengurangi kepadatan gerbong kereta. foto:IG-@republikafoto

JALAJAHNUSAE.com  – Bagi warga di wilayah Bogor dan sekitarnya yang selama ini menggunakan kereta (KRL) tujuan Jakarta, kini mendapat tambahan angkutan umum. Selain bisa mengurangi kepadatan gerebong kereta, bus sebagai alternatif ini juga disedaiakan secara gratis.

Bus yang disiapkan oleh  oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta berada di Stasiun Bogor, Stasiun Cilebut, Stasiun Bojong Gede dan Stasiun Citayam.

Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Polana B Pramesti menyampaikan, meski telah disediakan angkutan alternatif berupa bus, bukan berarti antrean calon pengguna KRL di stasiun akan hilang sama sekali.

“Tetap akan ada potensi terjadinya antrean di stasiun,” kata Polana dalam pesan tertulis, seperti ditulis pada Senin (20/7/2020).

Hal ini, menurut Polana karena terkait dengan adanya penegakan protokol kesehatan yang harus dilalui dengan memenuhi prosedur-prosedur yang telah ditetapkan untuk dapat menggunakan KRL.

“Adanya ketentuan penegakan protokol kesehatan seperti dilakukannya pengukuran suhu tubuh dan adanya keharusan menjaga jarak baik sebelum maupun selama berada di dalam stasiun, secara otomatis akan mengakibatkan terjadinya antrean,” ungkap Polana.

Ada 125 Bus

Berdasarkan laporan BPTJ, dari 125 bus yang telah dialokasikan, sebanyak 80 yang terdiri dari 30 bus sedang dan 50 bus besar akan disiapkan sebagai angkutan alternatif untuk keberangkatan dari Stasiun Bogor dengan tujuan Stasiun Juanda, Stasiun Tanah Abang, Stasiun Manggarai, Stasiun Dukuh Atas/Sudirman, dan Stasiun Tebet.

Pada titik keberangkatan Stasiun Cilebut akan disedikan sebanyak 7 bus sedang dan Stasiun Bojong Gede sejumlah 8 bus sedang, untuk tujuan meliputi Stasiun Juanda, Stasiun Tanah Abang, Stasiun Manggarai, Stasiun Dukuh Atas/Sudirman, dan Stasiun Tebet.