Menhub Siapkan Dukungan Transportasi di Ibu Kota Baru

oleh -
Menhub Budi Karya Sumadi saat mengunjungi Bandara Aji Pangeran Tumenggung Pranoto Samarinda. (Foto Kemenhub)

JALAJAHNUSAE.com – Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi melakukan kunjungan kerja ke Samarinda dalam rangka koordinasi terkait dukungan transportasi di Ibu Kota Baru Negara (IKN), Rabu (18/12/19), yaitu 3 (tiga) bandara, terminal khusus (Tersus), dan Kendaraan Listrik atau berbasis baterai.

“Saya ditugaskan Bapak Presiden untuk mempersiapkan ibu kota baru yang akan ada di Kalimantan Timur khususnya di Balikpapan dan sekitarnya. Untuk itu saya melalukan inventarisir secara detail apa saja fasilitas transportasi yang sudah ada dan apa yang harus kita buat ke depan,” papar Menhub Budi, disitat dari laman resmi Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Hal pertama yang dilakukan, yaitu menginventarisir dua Bandara yang sudah ada, antara lain Bandara Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan di Balikpapan, Bandara Aji Pangeran Tumenggung Pranoto di Samarinda, dan satu Bandara yang akan dibangun yaitu Bandara VVIP.

Budi menjelaskan, untuk Bandara Sepinggan, Balikpapan dengan kapasitas 7 juta penumpang dan panjang runway 2.500 m² akan dikembangkan menjadi 3.000 m². Lalu dibuat terminal penumpang yang lebih luas.