Jokowi Resmikan Terminal Baru Bandara Syamsudin Noor

oleh -
Presiden Jokowi saat meresmikan terminal baru di Bandara Syamsudin Noor. (Foto Setkab)

JALAJAHNUSAE.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan terminal baru Bandara Syamsudin Noor, Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan pada Rabu (18/12/2019) siang. Turut mendampingi Menteri Perhubungan Budi K. Sumadi, Seskab Pramono Anung, Menteri BUMN Erick Thohir, Mendagri Tito Karnavian, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, dan Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel) Sahbirin Noor.

Terminal baru di Bandara Syamsudin Noor ini merupakan hasil perluasan 8 kali lipat, dari 9 ribu meter persegi menjadi 77 ribu meter persegi. Perluasan tersebut meningkatkan kapasitas dari 1,3 juta penumpang menjadi 7 juta penumpang.

Dalam sambutannya, Jokowi mengingatkan Gubernur Kalsel agar bersiap memperluas lagi terminal baru Bandara Syamsudin Noor. Karena Jokowi memprediksi pertumbuhan pergerakan penumpang di bandara tersebut akan terus meningkat.

“Hati-hati, tadi saya cek di pergerakan penumpang itu sudah pertumbuhannya 10 persen lebih. Pertumbuhan pergerakan penerbangan, 10 persen lebih. Pertumbuhan untuk penumpang 7 persen lebih. Artinya, bandara yang baru ini mungkin tidak ada 10 tahun lagi harus dibangun yang lebih gede lagi,” papar Jokowi, dikutip dari situs setkab.go.id.

Menurut Jokowi,  pertumbuhan penumpang 7 persen dan pertumbuhan penerbangan 10 persen itu sangat-sangat tinggi sekali. Ia mengaku tidak mengetahui mengapa pertumbuhannya sangat tinggi di Kalsel.