Dukung BIJB Kertajati, Pembangunan Tol Cisumdawu Dipercepat

oleh -
BIJB Kertajati. (Foto JalajahNusae/Qori)

JALAJAHNUSAE.com – Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati Kabupaten Majalengka, Jawa Barat yang telah ditetapkan sebagai embarkasi dan debarkasi haji 2020, harus didukung dengan kemudahan akses untuk menjangkaunya. Terutama aksesibilitas dari lokasi asrama haji di Bekasi, Jawa Barat.

Terkait hal ini, Kementerian PUPR akan mempercepat pembangunan jalan tol Cisumdawu yang kini tinggal menyisakan beberapa kilometer lagi menuju tahap selesai.

“Cisumdawu itu kan masalahnya masih di pembebasan lahan, tinggal beberapa kilo meter saja, akan kita percepat,” papar Menteri PUPR Basuki Hadimuljono di Bandung yang disitat dari laman resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Basuki menegaskan tahun ini Tol Cisumdawu akan ditargetkan selesai. Jika tidak selesai maka akan dibuatkan jalur alternatif, yakni jalan tingkat kabupaten untuk menuju ke BIJB. Nantinya, jalan alternatif itu juga akan diperlebar agar lebih nyaman bagi kendaraan yang melintas.

“Kami sudah petakan itu, akhir tahun ini harus selesai, tapi kalau kepastian Cisumdawu, tahun depan pasti sudah selesai,” ungkap Basuki.

Kementerian Agama RI sudah mengeluarkan SK untuk BIJB agar dapat digunakan sebagai embarkasi dan debarkasi haji khususnya asal Jawa Barat tahun 2020. Sebanyak 87 kloter haji yang akan diberangkatkan dari BIJB. Keberangkatan kloter haji ini akan mulai terbang pada Juni 2020 mendatang.***(IG)