Kemenhub Siap Kembangkan Infrastruktur Transportasi di Maluku

oleh -
Menhub Budi Karya Sumadi saat melakukan pertemuan dengan Gubernur Maluku Murad Ismail dan sejumlah Bupati dan Walikota Se-Provinsi Maluku. (Foto Kemenhub)

JALAJAHNUSAE.com – Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi melakukan pertemuan dengan Gubernur Maluku Murad Ismail dan sejumlah Bupati dan Walikota Se-Provinsi Maluku guna membahas pembangunan infrastruktur transportasi untuk meningkatkan konektivitas di Provinsi Maluku.

Maksud dari pertemuan tersebut, untuk menindaklanjuti arahan Presiden RI Joko Widodo saat melakukan kunjungan kerja di Provinsi Maluku pada Oktober lalu. Beberapa arahan Presiden yaitu terkait pengembangan Bandara Banda Neira, pembangunan pengembangan Bandara Mathilda Batlayeri Saumlaki, Bandara Dobo – Kepulauan Aru, dan terkait adanya laporan terjadinya persaingan tidak sehat pada program tol laut.

“Saya berinisiatif untuk mengundang Gubernur, Bupati, dan Walikota di Provinsi Maluku untuk mendengar dan berdiskusi terkait apa-apa masalah yang dihadapi rekan-rekan di daerah. Alhamdulillah banyak pendapat-pendapat yang berkaitan dengan konektivitas khususnya moda transportasi udara dan laut,” papar Menhub Budi, dikutip dari laman Kemenhub.

Mengenai pembangunan di sektor transportasi udara, Budi menuturkan, Kemenhub akan membangun dan mengembangkan Bandara Banda Neira, Kabupaten Maluku Tengah, Bandara Mathilda Batlayeri Saumlaki di Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Bandara Dobo di Kabupaten Kepulauan Aru yang selama ini hanya bisa didarati pesawat kecil yang biasa melayani rute perintis.