Ke Cepu Blora Sekarang Bisa Naik Pesawat

oleh -
Goa Terawang yang terletak di wilayah Kecamatan Todanan, Kabupaten Blora Jawa Tengah ini memiliki keindahan tersendiri. Foto:IG-@jateng.keren

JALAJAHNUSAE.com – Pariwisata di Cepu,Kabupaten Blora,Jawa Tengah bakal berkembang cepat. Ini setelah Kementerian Perhubungan (Kemenhub) berhasil merampung Bandar Udara Ngloram. Bandara yang akan mempermuda akses wisatawan tersebut sudah dilakukan ujicoba pada, Sabtu (11/1/2020) lalu.

Langkah pendaratan perdana oleh Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub Polana Banguningsih Pramesti dengan menumpang pesawat King Air B200 GT berlangsung mulus.

Pesawat King Air milik Kemenhub berkapasitas enam orang tersebut saat test flight dioperasionalkan oleh seorang pilot dan co pilot.

Setidaknya, ini adalah uji coba pertama kali di landasan pacu sepanjang 1200 meter Bandara Ngloram yang baru rampung digarap Desember 2019.

Uji coba bandara yang berlokasi tak jauh dari Sungai Bengawan Solo ini menyita perhatian masyarakat.

Mereka berkumpul memenuhi kawasan bandara yang mangkrak selama 34 tahun itu untuk menyaksikan pendaratan pesawat untuk pertama kalinya di Bandara Ngloram.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub Polana Banguningsih Pramesti memberikan penjelasan kepada wartawan setelah mendarat di Bandar Udara Ngloram,Cepu,Blora dengan menumpang pesawat King Air B200 GT,Sabtu (11/01/2020). Foto:IG-@prokompim.blora

Semula, sesuai jadwal, Menteri Perhubungan Republik Indonesia, Budi Karya Sumadi yang akan melakukan uji coba, namun hal tersebut urung terjadi hingga akhirnya diwakilkan oleh Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub.

Wakil Bupati Blora Arief Rochman menyampaikan, dari hasil uji coba kelayakan yang digagas oleh Kemenhub, Bandara Ngloram dinyatakan lolos uji.