Maret 2020, Bandara Internasional Yogyakarta Beroperasi Penuh

oleh -
Bandara YIA. (Foto AP I)

JALAJAHNUSAE.com – Pembangunan Bandara Internasional Yogyakarta (YIA), Kulonprogo hampir tuntas, hingga 8 Desember 2019 progres pembangunannya sudah mencapai 90 persen. Kini fokus pekerjaan meliputi penyelesaian pekerjaan interior terminal penumpang dan jalan layang menuju area keberangkatan lantai 3.

Bandara YIA ditargetkan Angkasa Pura Airports selaku pengelola, dapat beroperasi secara penuh pada Maret 2020 dan memindahkan seluruh penerbangan domestik dan internasional dari Bandara Adisutjipto ke YIA.

Saat ini, YIA telah melayani 13 rute untuk penerbangan domestik, yaitu Denpasar, Cengkareng, Halim Perdanakusumah, Banjarmasin, Palembang, Palangkaraya, Samarinda, Makassar, Medan, Tarakan, Balikpapan, Batam, dan Pontianak. Rute-rute ini dilayani maskapai Lion Air, Garuda Indonesia, Citilink, dan Batik Air.

“Pemindahan seluruh rute domestik dan internasional dari Bandara Adisutjipto ke YIA ditargetkan dilaksanakan pada akhir Maret 2020. Proses tersebut akan melibatkan banyak pemangku kepentingan, sehingga serentak atau tidaknya proses pemindahan penerbangan juga bergantung pada kesiapan masing-masing maskapai penerbangan,” papar Direktur Utama Angkasa Pura Airports Faik Fahmi, disitat dari situs Angkasa Pura I.

YIA merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) yang diamanatkan oleh Pemerintah Republik Indonesia kepada Angkasa Pura Airports. YIA mendesak untuk dibangun mengingat Bandara Adisutjipto yang ada saat ini sudah dalam kondisi lack of capacity.