Sesuai Rencana, Kereta Cepat Jakarta-Bandung Beroperasi Tahun 2021

oleh -
Rapat Koordinasi (rakor) terkait percepatan pembangunan Kereta Cepat Jakarta-Bandung. (Foto Humas Jabar)

JALAJAHNUSAE.com – Kereta Cepat (High Speed Train) Jakarta-Bandung sesuai rencana akan beroperasi pada 2021. Hingga awal November 2019, progres pembangunan proyek kereta dengan jarak tempuh 142,3 km ini sudah mencapai 36,01 persen.

Demikian disampaikan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat menghadiri rapat koordinasi (rakor) terkait percepatan pembangunan Kereta Cepat Jakarta-Bandung bersama Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman dan Investasi Republik Indonesia (RI) Luhut Binsar Pandjaitan.

“Posisi pembebasan lahan sudah 99,06 persen, kemudian konstruksi sudah 30-an persen. Jadi, jadwal masih ditetapkan 2021 beroperasi,” papar Emil —sapaan akrab Gubernur Jabar di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi RI, Jl. MH Thamrin No. 8, Jakarta, Selasa (12/11/19) yang dikutip dari situs Humas Jabar.

Emil juga menyampaikan, kendala yang dihadapi dalam proses pembangunan yaitu soal pembebasan lahan. Meski begitu, kendala terkait administrasi di pengadilan dan negosiasi besaran ganti rugi itu tersisa kurang dari satu persen.