Kota Bandung jadi Pilot Project Sutri Nama dan Indobus

oleh -
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Wali Kota Bandung Oded M Danial menandatangani nota kesepakatan dengan Kementerian Perhubungan RI. (Foto Humas Jabar)

JALAJAHNUSAE.com – Kota Bandung yang merupakan Ibu Kota Jawa Barat akan menjadi daerah percontohan (pilot project) pembangunan sistem transportasi massal bernama Sutri Nama dan Indobus. Pembangunan sistem transportasi tersebut juga akan diterapkan di empat kota lainnya, yakni Kota Makassar, Kota Pekanbaru, Kota Batam, dan Kota Semarang.

Terkait hal ini, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Wali Kota Bandung Oded M Danial pun menandatangani nota kesepakatan dengan Kementerian Perhubungan RI mencakup sinergi perencanaan dan pelaksanaan pembangunan sistem transportasi massal tersebut. Penandatanganan digelar di Hotel Mandarin Oriental, Jakarta, Selasa (8/10/19) lalu. Diikuti pula kepala daerah empat kota lainnya.

Menurut Ridwan Kamil yang akrab disapa Emil ini, nota kesepakatan tersebut akan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Maka itu, dia mengucapkan terima kasih kepada berbagai pihak terkait yang sudah menjadikan Kota Bandung sebagai daerah percontohan.

“Sebagai penerima manfaat, kami mengucapkan terima kasih atas kebaikan yang sedang berlangsung. Yang memang kewajiban bersama sebagai pemerintah yang mempunyai tupoksi yang sama melayani masyarakat. Kami berterimakasih karena Kota Bandung, Jawa Barat sebagai percontohan untuk memulai transportasi publik berbasis bus,” papar Emil dikutip dari laman Humas Jabar.

Sutri Nama sendiri singkatan dari Sustainable Urban Transport Indonesia Nationally Appropriate Mitigation Action. Sutri Nama merupakan program yang bertujuan membangun sistem transportasi perkotaan sekaligus berkontribusi pada mitigasi perubahan iklim akibat efek gas rumah kaca. Nantinya, kebijakan transportasi dan proyek infrastruktur dibangun secara berkelanjutan dan didukung program nasional transportasi perkotaan.

Sedangkan, Indobus adalah Indonesian Bus Rapid Transit Corridor Development Project yang merupakan komponen teknis tambahan dari program Sutri Nama. Tujuannya, memberikan bantuan teknis kepada kota percontohan untuk melaksanakan Sistem Bus Rapid Transit (BRT) dengan lajur khusus.