KAI, Pemprov DKI Jakarta, dan MRT Jakarta Jalin Kerja Sama

oleh -
Berfoto bersama usai penandatanganan perjanjian kerja sama. (Foto kai.id)

JALAJAHNUSAE.com – PT Kereta Api Indonesia (Persero), Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, dan PT MRT Jakarta (Perseroda) menjalin kerja sama mengenai pengelolaan sistem moda transportasi yang terintegrasi sebagai tindak lanjut dari arahan Presiden Joko Widodo.

Jalinan kerja sama tersebut ditindaklanjuti dengan menandatangani “Perjanjian Pemegang Saham dan Perjanjian Penataan Stasiun Terintegrasi  antara PT MRT Jakarta Perseroda dan PT Kereta Api Indonesia (Persero)” di Kantor Kementerian BUMN RI, Jumat (10/1/20).

Dalam keterangan pers tertulis PT KAI, penandatanganan dilakukan langsung oleh Kadishub Provinsi DKI Jakarta Syafrin Liputo, Dirut MRT Jakarta William P. Sabandar, dan Dirut KAI Edi Sukmoro yang disaksikan Menteri BUMN Erick Thohir, Menhub RI Budi Karya Sumadi, dan Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan.

“Arahan Presiden adalah untuk membentuk perusahaan yang melakukan pengelolaan moda transportasi publik yang terpadu dan terintegrasi. Alhamdulillah arahan tersebut dapat terealisasikan hari ini dengan penandatanganan perjanjian kerja sama antara KAI dan PT MRT Jakarta,” tutur Menteri BUMN Erick Thohir dalam sambutannya.

Setelah proses penandatanganan perjanjian kerja sama pendirian perusahaan patungan tersebut, mereka bergandengan tangan bersama sebagai momen peresmian.

“Saya berharap agar kerja sama ini dapat berjalan dengan baik dan segera dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Untuk itu dibutuhkan kesungguhan dan komitmen semua pihak. Jika model kerja sama seperti ini berhasil, maka ini bisa dijadikan acuan bagi daerah lain dalam mengembangkan angkutan umum massal khususnya perkeretaapian perkotaan,” ujar Menhub Budi Karya Sumadi.