Inilah Proyek Pendukung Transportasi di 5 Destinasi “Bali Baru”

oleh -
Menhub Budi Karya Sumadi dalam Forum Perhubungan, di Hotel Redtop Jakarta Pusat, Kamis (7/11/19). (Foto Kemenhub)

JALAJAHNUSAE.com – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) siap mendukung kemudahan aksesibilitas pada kawasan destinasi wisata super prioritas 5 “Bali Baru”. Dukungannya dengan mewujudkan konektivitas melalui berbagai pembangunan infrastruktur transportasi.

Hal itu disampaikan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi dalam Forum Perhubungan dengan tema “Melihat Kesiapan Infrastruktur Wujudkan Konektivitas di 5 Destinasi Wisata Bali Baru” yang diselenggarakan di Hotel Redtop Jakarta Pusat, Kamis (7/11/19).

“Kita diberi tugas untuk menyelesaikan yang namanya 5 Bali Baru yaitu Danau Toba, Borobudur, Mandalika, Labuan Bajo, dan Likupang. Pemerintah tengah membangun banyak kawasan wisata, untuk itu kami akan mendukung dengan memadukan fasilitas pendukungnya yaitu infrastruktur sarana dan prasarana transportasi, agar kemudahan aksesibilitas itu terjadi di titik-titik wisata tersebut,” papar Budi yang dikutip dari situs resmi Kemenhub.

Langkah nyatanya, Kemenhub telah melakukan perencanaan pembangunan dan rehabilitasi fasilitas transportasi di 5 (lima) Bali Baru. Seperti halnya di Danau Toba, sejumlah infrastruktur transportasi telah dan akan dibangun, diantaranya melakukan pembangunan/rehabilitasi 12 Pelabuhan Danau, membuat satu kapal penyeberangan Ro-Ro dan satu unit Bus Air.

Lalu menyubsidi operasional angkutan antarmoda, fasilitas integrasi angkutan jalan, peningkatan jalur KA lintas Araskabu – Tebing Tinggi – Siantar sepanjang 35 km’sp (SBSN), DED pembangunan jembatan dan sistem persinyalan, telekomunikasi, bangunan stasiun, serta pembuatan runway strip tahap I Bandara Sibisa.