Akses Tol Ke Bandara Kertajati Beroperasi November 2021

oleh -
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menekan tombol sirine menandai dimulainya pembangunan Akses Tol ke Bandara BIJB, Senin (07/09/2020). Grounbreaking ini juga disaksikan Bupati Majalengka Karna Sobahi, Direktur Utama PT Astra Infra Djap Tet Fa, dan Direktur Utama PTPP Novel Arsyad. (Foto:Ist)

KERTAJATI, Jalajahnusae.com – Jika tidak ada perubahan mendasar akses tol menuju bandara Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati sudah bisa beroperasi pada November 2021 mendatang.

Proyek Jalan Tol Akses BIJB Kertajati ini merupakan penambahan lingkup Jalan Tol Cipali yang diharapkan akan menghubungkan Kota Bandung dan sekitarnya melalu Jalan Tol Cisumdawu menuju ke bandara.

“Kami berharap dengan dibangunnya proyek Jalan Tol Akses BIJB Kertajati dapat meningkatkan perekonomian di daerah tersebut. Selain itu, pembangunan proyek ini dapat mempermudah dan mempercepat akses di sekitar Bandara Kertajati,” ujar Direktur Utama PTPP Novel Arsyad, selaku pelaksana pembangunan Tol Akses BIJB ini usai acara Grounbreaking, Senin (07/09/2020).

Proyek pembangunan Jalan Tol Akses BIJB Kertajati yang berlokasi di Kecamatan Kertajati, Kabupaten Majalengka, Provinsi Jawa Barat ini memang ditargetkan dapat mulai beroperasi pada bulan November 2021. Adapun nilai proyek ini sekitar Rp 210 miliar.

Proyek yang dimiliki oleh Astra Infra ini dikerjakan dengan masa pelaksanaan proyek selama 12 bulan dan masa pemeliharaan proyek selama 720 hari kalender sejak berita acara serah terima. PTPP dipercaya oleh PT Astra Infra untuk mengerjakan Paket 1 Mainroad.

Adapun lingkup pekerjaan yang dilakukan oleh PTPP, antara lain: pekerjaan tanah & main road, pekerjaan overbridge (jembatan), pekerjaan box culvert, pekerjaan box traffic, pekerjaan ramp 6, dan pekerjaan ramp 7. Pembangunan pekerjaan main road yang dilakukan oleh PTPP sebanyak dua jalur dengan empat lajur sepanjang sekitar 1,85 kilometer (km), sedangkan pekerjaan dua ramp masing-masing terdiri satu jalur dengan dua lajur sepanjang sekitar 0,3 km.

Proyek Jalan Tol Akses BIJB Kertajati merupakan penambahan lingkup Jalan Tol Cipali yang diharapkan akan menghubungkan Kota Bandung dan sekitarnya melalu Jalan Tol Cisumdawu menuju ke Bandara Groundbreaking Ceremony Internasional Jawa Barat di Kertajati.