Guna Tingkatkan Pelayanan, KAI Terapkan Program Sapa Pelanggan

oleh -
Bentuk realisasi Program Sapa Pelanggan PT KAI di dalam kereta. (Foto PT KAI)

JALAJAHNUSAE.com – Dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada konsumen, PT Kereta Api Indonesia (Persero) memiliki cara yang unik, yakni melalui Program Sapa Pelanggan. Program Sapa Pelanggan mewajibkan seluruh pegawai KAI yang berada di stasiun atau di atas kereta api menunjukkan senyum, memberi salam, dan menyapa setiap bertatap muka dengan pelanggan.

“Kami ingin menunjukkan pelayanan yang prima kepada pelanggan dari seluruh pegawai, bukan hanya yang bertugas di bidang pelayanan ataupun frontliner,” tutur VP Public Relations KAI Yuskal Setiawan dalam keterangan pers PT KAI.

Yuskal menjelaskan, program tersebut berlaku bagi pegawai yang sedang berada di lingkungan stasiun atau di atas kereta api, baik yang sedang melakukan perjalanan dinas maupun untuk keperluan lainnya. Program tersebut juga berlaku bagi seluruh level manajemen dari yang tertinggi hingga pelaksana, diharuskan menjalankan Program Sapa Pelanggan.

“Dalam program ini, pegawai juga diminta untuk berbincang dengan penumpang mengenai kereta api yang digunakan, pelayanan yang diterima, kemudahan dalam mendapatkan tiket, dan berbagai hal lainnya terkait KAI,” jelasnya.

Kehadiran Program Sapa Pelanggan diharapkan dapat terjadi interaksi antara pelanggan dan pegawai. Sehingga penumpang merasakan adanya dukungan dari seluruh pegawai saat menggunakan layanan KAI.

“Melalui program ini, para pelanggan diharapkan bisa mengutarakan masukan atau kritik yang membangun untuk peningkatan layanan KAI ke depannya. Program ini juga sebagai alat evaluasi kinerja KAI secara langsung dari pengguna kereta api,” pungkas Yuskal.***(IG)