Target Beroperasi April 2020, Tol Mabit Dorong Pariwisata Sulut

oleh -
Jalan Tol Mabit. (Dok. Kementerian PUPR)

JALAJAHNUSAE.com – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus memacu pembangunan jalan Tol Manado – Bitung (Mabit) sepanjang 39,9 km. Pembangunan ruas tol pertama di Sulawesi Utara (Sulut) ini merupakan bagian dari proyek strategis nasional (PSN).

Pembangunannya bertujuan untuk  mengurangi biaya logistik beberapa produk ekspor yang melalui Pelabuhan Internasional Bitung. Selain itu, juga akan mendukung pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Bitung.

Menurut Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, tol ini tidak hanya terkoneksi untuk pelabuhan dan KEK Bitung dan Tanjung Pulisan – Likupang, akan tetapi juga sebagai pendukung kawasan strategis pariwisata nasional Manado – Bitung – Likupang, termasuk akses ke Pulau Lembeh.

“Sebagai terusan dari tol Manado – Bitung akan dibangun jembatan dengan panjang sekitar 1 Km dengan anggaran tahun jamak sebesar Rp 500 miliar yang konstruksinya akan dimulai tahun 2020,” ujar Basuki beberapa waktu lalu yang dikutip dari situs resmi Kementerian PUPR (www.pu.go.id).

Jalan Tol Mabit dibangun dalam dua seksi, yaitu Seksi 1 Ring Road Manado-Sukur-Air Madidi (14 Km) dikerjakan Kementerian PUPR. Sedangkan untuk Seksi 2 Air Madidi – Bitung (25 Km) dikerjakan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Jasa Marga Manado Bitung.