Gratis, Tol Jakarta-Cikampek Layang Sampai Liburan Akhir Tahun Selesai

oleh -
Rusa Tol Jakarta-Cikampek (Japek) II Elevated yang membentang sepanjang 36,4 Km mulai November 2019 mendatang sudah bisa beroperasi. Foto: Jalajah Nusae/adhi

JALAJAHNUSAE.com – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyatakan Tol Jakarta-Cikampek Layang (elevated) mulai dioperasikan pada pertengahan Desember 2019 ini.

Terkait  tarif yang akan diberlakukan tol kemungkinan sama dengan tarif tol eksisting di bawahnya.

Hanya saja, berapa besarannya masih dihitung dan segera diumumkan.

“(Tarif) belum tahu. Mungkin sama ya, kan harus sama antara atas dan bawah. Masa yang atas dan bawah beda?” kata Basuki di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Rabu (4/10/2019).

Namun begitu, lanjut Basuki, tarif tol Japek Layang sampai saat ini masih dalam perhitungan dan sedang didiskusikan agar tidak memberatkan masyarakat.

“Sekarang lagi dihitung terkait yang namanya key opinion leader. Ini lagi didiskusikan karena ini hampir sama dengan penambahan lajur tapi ini ke atas biasanya kan ke samping. Jadi harus dihitung secara fair betul,” ucapnya.

Untuk sementara tol akan dioperasikan gratis pada 15 Desember mendatang sampai libur Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.

“(Peresmian) mungkin tanggal 15 Desember tapi tergantung presiden sampai sekarang, tapi tanggal 15 itu sudah siap,” kata Basuki.

Meskipun belum diketahui tanggal pastinya, Basuki menyebut pemberlakuan tarif tol Japek elevated dimulai pada awal tahun.

“Gratisnya sampai liburan selesai, awal tahun berlaku,” ujarnya.

(adh)