Hati-hati,Jangan Terjebak Bagasi Gratis

oleh -
Penumpang Lion Air tujuan Jakarta-Tanjung Pandan,Kamis (29/8/2019) antre menunggu check-in bagasi di Bandara Soekarno-Hatta. Foto:Jalajah Nusae/adhi

JALAJAHNUSAE.com – Jika kalian sering bepergian dengan membawa banyak barang, terutama dengan moda transportasi udara. Kadang akan kebingunan untuk mengatur bagasi.Apalagi bila ada kepentingan membeli oleh-oleh untuk sanak saudara maupun rekan di kantor.

Bila kamu tak pintar-pintar mengatur barang-barang yang akan masuk bagasi, bersiaplah untuk merogoh kocek untuk membayar biaya kelebihan bagasi.

Di Indonesia beberapa maskapai telah menerapkan biaya bagasi, mulai dari Lion Air Group dan Garuda Indonesia Group.

Lion Air Group misalnya, ketentuan dimensi barang yang bisa masuk ke kabin adalah tidak lebih panjang 40 sentimeter (cm), lebar 30 cm, dan tinggi 20 cm.

Untuk bagasi tidak terdaftar atau yang dibawa ke kabin, koper atau barang tidak boleh lebih dari 7 kilogram.

Lion Air memberi batasan kuota bagi penumpangnya yang ingin melakukan pembelian bagasi yaitu maksimal 30 kg.

Sementara itu, Maskapai Citilink memberikan fasilitas bagasi terdaftar untuk setiap penumpangnya dengan ketentuan maksimal berat 20 kg.

Seorang penumpang maskapai Lion Air tujuan Jakarta-Tanjung Pandan, Kamis (29/8/2019) menunggu check bagasi di Bandara Soekarno-Hatta. Foto:Jalajah Nusae/adhi

Citilink juga mematok tarif bagasi sesuai dengan kapan penerbangan itu diberangkatkan, jarak yang ditempuh, dan berat dari setiap barang penumpang.

“Kalau untuk excess baggage (kelebihan berat) harga-nya berbeda- beda, bergantung pada waktu dan jarak penerbangan. Saat ini untuk checked baggage (penerbangan domestik) berat maksimal 20 kg untuk pesawat A320 dan max 10 kg untuk pesawat ATR. Untuk penerbangan internasional, penumpang mendapatkan kuota maksimal 10 kg,” Jelas VP Secretary & CSR Resty Kusandarina, Selasa (3/9/2019).

Citilink juga menyediakan bagasi di kabin dengan maskimal berat barang 7 kg.

“Untuk bagasi kabin maksimal 7 kg, dimensi maksimal 56 x 36 x 23 cm (untuk pesawat A320) dan dimensi maksimal 41 x 34 x 17cm (untuk pesawat ATR),” tambahnya.

Untuk tarif bagasi juga bervariasi. Bagi kamu yang berpergian menggunakan Lion Air ke Yogyakarta dari Jakarta (CGK-JOG) dikenakan biaya bagasi sebesar Rp 24.000 per kg, untuk rute Jakarta Medan (CGK-KNO) Rp 49.000 per kg.