KRL Jogja-Solo Segera Beroperasi Oktober Ini

oleh -
Petugas PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi 6 atau Daop 6 Yogyakarta sedang mempersiapkan jaringan dan rel kereta api listrik KRL di Stasiun Lempuyangan. Stasiun ini adalah stasiun kereta api kelas besar tipe B yang terletak di Kota Yogyakarta, berjarak sekitar 1 km di sebelah timur dari stasiun utama di kota ini, yaitu Stasiun Tugu. (Foto:IG-@rafi.rf_)

Yogyakarta, Jalajahnusae.com – Tak lama lagi kereta rel listrik ( KRL) rute Yogyakarta-Solo (KRL Jogja-Solo) segera dioperasikan. KRL Jogya-Solo akan menggantikan kereta Prambanan Ekspres yang selama ini melayani rute Yogyakarta- Solo hingga Kutoarjo.

Waktunya, tinggal menghitung hari. Moda transportasi KRL itu pun segera dapat dinikmati oleh penumpang di wilayah kerja PT KAI Daerah Operasi 6 atau Daop 6 Yogyakarta.

“Harapannya, akhir Oktober atau awal November sudah bisa dicoba di sini sampai benar-benar sesuai dengan kondisi sarana dan prasarana yang disiapkan,” kata Senior Manager Kereta Commuter Indonesia ( KCI) Wilayah 6 Yogyakarta Dedy Setiawan dilansir dari Antara, Sabtu (3/10/2020).

Dedy mengatakan sejumlah sarana dan prasarana yang terus dipenuhi di antaranya kebutuhan listrik aliran atas, gardu, depo, dan trainset kereta rel listrik yang dibuat di PT INKA.

“Saat ini, kami terus melakukan pemenuhan kebutuhan sarana dan prasarana pendukung untuk operasional kereta rel listrik (KRL),” kata dia.

Baca Juga: Tiket Murah dan Diskon Menarik di HUT Kereta Api Indonesia

Ia menyebutkan dari kebutuhan 10 trainset, sudah dapat terpenuhi dua rangkaian kereta yang saat ini tengah dalam proses pengujian endurance di Jakarta.

KCI Yogyakarta berharap operasional kereta rel listrik tersebut sudah dapat dilakukan pada awal Januari 2021 atau bahkan diharapkan dapat direalisasikan lebih cepat.

“Tetapi, operasional KRL ini akan dilakukan bertahap yaitu dari Yogyakarta- Klaten terlebih dulu baru kemudian dari Klaten-Solo dan diteruskan hingga ke Kutoarjo. Atau bisa sampai ke Kroya. Harapannya seperti itu,” kata dia.