Tikungan KM 92 Indah,Tapi Bisa Berujung Maut

oleh -
Mulai memasuki KM 80 Tol Purbaleunyi pengendaraan akan disuguhi pemandangan indah. Namun dibalik keindahaan ini, jika tidak hati-hati sewaktu-waktu bisa berunjung kecelakaan maut. Foto diambil Minggu (2/9/2019). Foto: Jalajah Nusae/adhi

JALAJAHNUSAE.com – Peristiwa kecelakaan maut di Jalan Tol Purbaleunyi,tepatnya di KM 92 masih membekas dibenak semua orang. Bagaimana tidak, dalam kecelakaan beruntun yang melibatkan setidaknya 20 kendaraan tersebut 9 orang meninggal ditempat.

Bagi yang sering melintasi jalur ini,baik dari arah Bandung atau Jakarta penumpang kendaraan disuguhi  keindahan alam yang berada  di kanan-kiri. Apalagi saat pagi hari atau saat menjelang matahari tenggelam.

Jalajahnusae.com, satu hari sebelum terjadi kecelakaan di KM 92, Minggu (01/09/2019), melintasi jalur ini. Mentari yang mulai redup menghadirkan lazuardi yang indah. Siluet menyeruak diantara perbukitan kecil. Hamparan sawah menguning menambah keindahan alam Parahyangan.

Apalagi saat ini, bunga-bunga yang ditanam pihak Jasa Marga sedang tumbuh mekar berwarna-warni disisi jalan tol. Bagi penumpang kendaraan tentu ini menghadirkan keindahan tersendiri,namun sebaliknya untuk pengemudi harus lebih berhati-hati.

Dengan jalur menikung,sedikit menurun membutuhkan ekstra waspada. Disarankan,pengemudi jangan ikut “menikmati” keindahan sekitarnya.

Jangan pula memarkirkan kendaraan untuk sekedar berfoto karena sangat berbahaya bagi kendaraan lain.

Jalan Tol Purbaleunyi,Jawa Barat kini dihiasi dengan tanaman bunga warna-warni disisi jalan. Foto: adhi

Sekedar mengingatkan dibalik keindahan itu ternyata Tol Cipularang-Tol Purbaleunyi menyimpan daftar panjang kecelakaan maut  baik yang menuju  Jakarta, maupun sebaliknya.

Kecelakaan di sini pernah merenggut nyawa istri artis Saipul Jamil, 3 September 2011. Meski begitu, kecelakaan itu bukan satu-satunya.

Sejak 24 Agustus 2011 alias H-7 sampai H+7 mudik kala itu, 26 kecelakaan terjadi, 9 orang meninggal dunia dan belasan lainnya mengalami luka.

Berikut adalah daftar panjang kecelakaan mematikan di Cipularang sejak peristiwa kecelakaan yang menewaskan istri Saipul Jamil:

3 September 2011, pagi hari, mobil yang membawa artis Saipul Jamil dan istrinya, Virginia Anggraeni, mengalami kecelakaan di KM 96+800 Tol Purbaleunyi. Mobil merah marun itu oleng menabrak pembatas jalan. Virginia tewas akibat kecelakaan tunggal itu.

7 September 2011 silam, pagi hari, kecelakaan terjadi di KM 93 tol ini, alias 4 km dari titik kecelakaan Saipul Jamil pada 4 hari sebelumnya. Sebuah mobil bermuatan 18 orang menabrak truk dan menewaskan 6 orang, membuat 3 orang terluka.

27 Februari 2012, pukul 06.15 WIB, terjadi kecelakaan di KM 84 Tol Cipularang. Ini adalah kecelakaan beruntun yang melibatkan 3 kendaraan bus, truk, dan minibus. 1 Orang tewas dan 8 orang luka-luka. Aparat mengatakan kecelakaan ini terjadi karena supir bus mengantuk.

5 Maret 2012, pukul 02.30 WIB, kecelakaan lalu lintas terjadi di KM 101+100 Tol Cipularang. Mobil boks yang hendak membawa pakaian ke Tanah Abang menabrak kendaraan di depannya. Peristiwa ini menewaskan 1 orang dan mengakibatkan 4 orang luka-luka.