Tahun 2024, Tol Trans Sumatera Rampung Seluruhnya

oleh -
Tol Trans Sumatera. (Foto Kementerian PUPR)

JALAJAHNUSAE.com – Dengan pembangunan Tol Trans Sumatera, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) berupaya untuk meningkatkan konektivitas antar wilayah di Pulau Sumatera. Pada periode 2020 – 2024, Kementerian PUPR menargetkan pembangunan jalan Tol Trans Sumatera sepanjang 2.000 km yang terbentang dari Lampung hingga Aceh. Keseluruhan konstruksi ditargetkan selesai pada 2024.

Menurut Kepala BPJT Kementerian PUPR Danang Parikesit, dibangunnya Jalan Tol Trans Sumatera yang sangat panjang menjadi jawaban atas kebutuhan menghubungkan setiap wilayah yang dahulunya sulit dijangkau.

“Saat ini, momentum perayaan mudik Lebaran hingga mudik Nataru pada akhir tahun untuk bertemu sanak keluarga di kampung halaman pun menjadi semakin mudah dan begitu cepat lewat akses Tol Trans Sumatera yang sudah terhubung baik pada ruas yang sudah beroperasi penuh maupun ruas fungsional,” tutur Danang, dikutip dari laman resmi Kementerian PUPR.

Pada momen arus mudik Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 ini, terdapat peningkatan volume lalu lintas kendaraan di Tol Trans Sumatera. Berdasarkan hasil pantauan PT Hutama Karya selaku BUJT, sebanyak 838.707 kendaraan telah melintasi Tol Trans Sumatera, baik yang sudah beroperasi maupun yang fungsional. Kini dari Palembang ke Bakauheuni hanya membutuhkan waktu 3,5 jam.

Adapun jalan Tol Trans Sumatera yang sudah beroperasi sepanjang 467,6 km. Ruas yang sudah operasional tersebut, yakni Bakauheni – Terbanggi Besar 141 km, Terbanggi Besar – Pematang Panggang-Kayu Agung sepanjang 189 km, Palembang – Indralaya 22 km, Medan – Binjai 10,46 km, Medan – Kualanamu – Tebing Tinggi 62,2 km dan Belawan – Medan – Tanjung Morawa 43 km.