Maskapai Dunia Pilih Parkirkan Pesawat di Padang Pasir

oleh -
Crew maskapai Emirates mengucapkan selamat tinggal untuk sementara. "Ini bukan selamat tinggal tetapi 'sampai jumpa' dari keluarga Emirates Anda di seluruh dunia,"seru mereka dalam akun instagram resminya,pekan ini. Foto:IG-@emirates.

JALAJAHNUSAE.com – Hampir 90 persen maskapai di dunia menghentikan operasional akibat wabah virus corona (Covid-19). Problem baru pun muncul, mereka kesulitan memarkirkan pesawat. Maklum, pakir pesawat bukan semudah menyimpan kendaraan seperti mobil.

Dilansir dari CN Traveler, setidaknya 70 maskapai penerbangan di seluruh dunia telah benar-benar berhenti beroperasi berdasarkan data dari bank investasi Cowen.

Jumlah ini termasuk maskapai penerbangan besar seperti Emirates dan Etihad serta low cost carrier (LCC) seperti EasyJet.

Maskapai penerbangan besar lainnya termasuk Lufthansa, Qantas, Cathay Pacific, dan Singapore Airlines telah membatalkan hingga 95 persen penerbangan mereka.

Maskapai penerbangan Amerika Serikat juga merasakan dampaknya. Amerian Airlines telah menunda sekitar 80 persen penerbangan domestik mereka dan 90 penerbangan internasional hingga bulan Mei mendatang.

Southwest telah mengistirahatkan 50 dari 750 jet mereka.

Lalu United telah memotong jadwal mereka lebih dari 60 persen hingga bulan April dan sedang merencanakan pemotongan hingga bulan Juni mendatang.