Mengenal Sekolah Selam di Ujung Timur Indonesia

oleh -
Kegiatan menyelam menikmati keindahan bawah laut. (Foto Papua Diving Academy)

JALAJAHNUSAE.com – Tanah Papua memang dikenal memiliki potensi wisata bawah laut yang sangat indah dan menjanjikan. Keindahan tersebut bisa dinikmati wisatawan dengan melakukan kegiatan di bawah air seperti menyelam (diving) atau snorkeling.

Potensi inilah yang dimanfaatkan sekelompok pemuda Papua, yaitu dengan mendirikan sekolah menyelam bernama Papua Diving Academy. Sekolah menyelam ini diinisiasi secara swadaya oleh sekelompok pemuda Jayapura pada 2017. Awalnya hanya sebatas menyediakan jasa pemandu tur.

Seiring waktu, dengan banyaknya minat dari setiap orang yang ingin belajar menyelam, akhirnya pada 2019 Papua Diving Academy didirikan. Tujuannya memberikan peluang bagi anak-anak muda setempat, terlebih di Kabupaten Jayapura. Bermodalkan semangat tinggi, mereka melihat peluang ke depan untuk mengelola sumber daya alam yang ada di kampungnya.

Seperti disitat dari situs indonesia.go.id, pada 2006 ada sembilan pemuda kampung yang mengikuti pelatihan menyelam yang diselenggarakan Dinas Pariwisata Provinsi Papua. Mereka berhasil mengantongi Sertifikasi Open Water. Kemudian mereka membentuk organisasi dengan nama Ombang Scuba Diving. Organisasi ini yang melayani para wisatawan yang tertarik pada destinasi wisata bawah laut saat berkunjung ke spot-spot selam.