Hal Sederhana tapi Penting Disiapkan Saat Perjalanan ke Bromo

oleh -
Suasana momen menunggu matahari terbit di Bromo. (Foto Irwan Akhmad)

JALAJAHNUSAE.com – Berencana melakukan perjalanan ke kawasan Gunung Bromo, mungkin bagi para travellers yang baru pertama kali ke sana, akan sedikit bingung persiapan apa saja yang dibutuhkan. Sebenarnya tidak ada persiapan khusus, bahkan di sana akan lebih mudah untuk menuju kawah Bromo karena lengkapnya fasilitas yang telah tersedia.

Namun, berikut ini ada beberapa hal sederhana yang harus diperhatikan untuk persiapan menuju Kawah Bromo.

Kesehatan

Kita harus memastikan bahwa tubuh dalam keadaan sehat dan bugar. Mengingat perjalanan menuju kawah Bromo lumayan jauh dengan suhu cuaca di bawah normal. Walau tidak sama dengan tracking pendakian gunung pada umumnya, tapi tetap saja harus memperhatikan kebugaran tubuh saat akan bepergian.

Perencanaan yang Matang

Meski di sana sudah tersedia fasilitas yang lengkap, kita tetap perlu membuat perencanaan yang matang. Mulai dari pemilihan pakaian yang layak sampai dengan pemilihan makanan dan minuman yang akan dibawa ke sana.

Karena suhu dingin, pastikan memakai baju atau jaket tebal dan celana hangat (tidak disarankan menggunakan celana jeans), sepatu gunung, masker, sarung tangan, kupluk, sun glasess. Disarankan juga membawa senter. Kemudian bawalah makanan ringan seperti roti dan snack yang banyak mengandung karbohidrat untuk me-recharge energi ketika akan mengeksplorasi Kawah Bromo.

Pilih Waktu yang Tepat

Destinasi Kawah Bromo merupakan salah satu spot wisata yang terkenal baik untuk turis mancanegara maupun lokal. Banyak wisatawan ingin meraih kesempatan emas untuk menyaksikan sang surya terbit pada kondisi lebih besar dan bulat kemerahan. Untuk itu diperlukan memilih waktu yang tepat, karena tidak dapat dilihat sepanjang waktu. Nah, waktu terbaik itu saat musim kemarau, yaitu antara Mei-September.

Membawa Kamera dan Gadget

Persiapan lainnya, yaitu jangan lupa untuk membawa kamera atau gadget untuk mengabadikan momen menakjubkan selama berpetualang di Kawah Bromo. Pastikan alat-alat penting tersebut telah terisi penuh baterainya.

Mengejar Sunrise

Fenomena alam yang menjadi daya tarik favorit wisatawan yaitu saat matahari terbit. Spot terpenting dari perjalanan ini adalah melihat “The Famous Sunrise”. Maka berangkatlah lebih awal dari penginapan, agar mendapatkan posisi yang pas menikmati keindahan fenomena alam tersebut.*** (IG/Sumber: pesona.travel)