Indonesia Siap Gelar The 6th Asia Pacific Geoparks Network Symposium

oleh -
Rinjani Geopark, Lombok (Foto maritim.go.id)

JALAJAHNUSAE.com – Indonesia siap menggelar The 6th Asia Pacific Geoparks Network (APGN) Symposium yang akan berlangsung mulai 31 Agustus – 6 September 2019. Bertempat di Rinjani-Lombok UNESCO Global Geopark, Nusa Tenggara Barat (NTB). Simposium ini diselenggarakan Pemerintah Daerah Provinsi Nusa Tenggara Barat.

APGN 2019 mengusung tema “Geopark Global UNESCO Menuju Keberlanjutan Komunitas Lokal dan Mengurangi Risiko Geohazard”. Dengan mengangkat beberapa topik seputar Global Geopark, diantaranya Memberdayakan sosial ekonomi lokal untuk pembangunan berkelanjutan; Melibatkan Komunitas, risiko geohazard, dan pemulihan; Mempopulerkan pengetahuan ilmiah untuk pendidikan publik; Mempromosikan calon geopark global; dan Jaringan geopark global landscape vulkanik.

Peserta yang hadir merupakan perwakilan dari Geopark Global UNESCO Asia-Pasifik, Geopark Nasional dari Indonesia, dan negara-negara Asia-Pasifik. Diperkirakan hadir sekitar 800 partisipan dalam simposium, meliputi manajemen geopark, ilmuwan, dan perwakilan pemerintah dari seluruh dunia. Mereka berasal dari Cina, Vietnam, Australia, Canada, Perancis, German, Hongkong, Iran, Irlandia, Jepang, Kamboja, Korea Selatan, Malaysia, New Zealand, Nigeria, Rusia, Afrika Selatan, Taiwan, Tanzania, Thailand, Timor Leste, serta Indonesia sebagai tuan rumah.