ASEAN MRA-TP, Standar Kompetensi Tenaga Profesional Pariwisata

oleh -
“Best Practice Seminar of ASEAN MRA-TP” di Hotel Courtyard Marriott Bandung, Kamis (17/10/2019) lalu. (Dok. indonesia.go.id)

JALAJAHNUSAE.com – Negara-negara anggota ASEAN sepakat untuk menyeragamkan standar kompetensi tenaga profesional di bidang pariwisata dengan menerapkan The ASEAN Mutual Recognition Arrangement on Tourism Professionals (ASEAN MRA-TP). Terkait hal ini, digelar seminar “Best Practice Seminar of ASEAN MRA-TP” yang berlangsung di Hotel Courtyard Marriott Bandung, Kamis (17/10/2019) lalu.

Bersumber dari siaran pers Kementerian Pariwisata (Kemenpar), seminar tersebut diselenggarakan atas hasil kerja sama Kemenpar bersama  Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) dan Sekretariat ASEAN. Di dalamnya menampilkan narasumber dari Indonesia, Filipina, Kamboja, Myanmar, dan Laos.

Dalam kesempatan itu, para pembicara juga menyampaikan “best practice” dalam menerapkan ASEAN MRA-TP sebagai pengakuan bersama negara anggota ASEAN dalam menerapkan standar kompetensi tenaga profesional di bidang pariwisata.

Staf Ahli Menteri Bidang Pengembangan Ekonomi dan Kawasan Pariwisata Kemenpar, Anang Sutono dalam seminar  memaparkan, negara-negara anggota ASEAN berusaha meningkatkan kerja sama di bidang pariwisata dalam mewujudkan Kawasan Asia Tenggara sebagai tujuan wisata terbaik dan berkualitas.

Anang juga menyampaikan welcome remarks kepada para peserta seminar serta para panelis dan moderator dari Indonesia, Filipina, Kamboja, Myanmar, dan Laos. Dalam pidatonya sesuai dengan arahan Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya, Anang menyebutkan bahwa Kemenpar mengimplementasikan program SDM unggul di bidang pariwisata dengan 3C yaitu Curriculum, Certification, dan Center of Excellence.