Kemenpar Gelar Rakornas III, Bahas 5 Destinasi Super Prioritas

oleh -
Borobudur, salah satu dari 5 destinasi super prioritas. (Foto JalajahNusae/Iwan)

JALAJAHNUSAE.com – Kementerian Pariwisata (Kemenpar) akan menggelar rapat koordinasi nasional (Rakornas) III. Rakornas tersebut akan membahas mengenai pengembangan 5 destinasi super prioritas, yang telah ditetapkan Presiden Joko Widodo usai rapat terbatas pada 15 Juli lalu dengan beberapa kementerian dan lembaga terkait.

Kelima destinasi super prioritas ini, yaitu Danau Toba, Borobudur, Mandalika, Labuan Bajo, dan Likupang. Kelima destinasi itupun kini tengah didorong pengembangan intrastrukturnya yang ditargetkan selesai pada tahun 2020 serta dipromosikan secara masif setelahnya.

Adapun Rakornas III bakal digelar pada 10-11 September 2019 di Swissotel Jakarta PIK Avenue, Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara.

Bersumber dari rilis Kemenpar, Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya di Jakarta, Jumat (6/9/2019) menyampaikan, Rakornas kali ini akan dihadiri beberapa Kementerian/Lembaga terkait mulai dari Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, Kementerian Keuangan, Kementerian PUPR, Kementerian Perhubungan, BAPPENAS, dan BEKRAF.

“Ada beberapa pembahasan, mulai dari pengintegrasian dukungan Kementerian/Lembaga dalam pengembangan destinasi pariwisata super prioritas. Selanjutnya bagaimana strategi pengembangannya, ada juga program Quick Wins 2019 dan rencana pengembangan destinasi pariwisata super prioritas 2020,” ungkap Menpar.

Di dalam Rakornas ini juga akan ada pembahasan mengenai dukungan aksesibilitas dan konektivitas serta pembahasan mengenai Integrated Tourism Master Plan (ITMP) Danau Toba, Borobudur, dan Mandalika.