Listrik Gedung Sate dan Hotel Dimatikan Peringati Earth Hour

by -
Kamboti Hotel
Seluruh karyawan Sari Ater Hotel Kamboti yang bertugas pada malam hari, Sabtu (27/3/2021) menyalakan lilin untuk memperingati gerakan Earth Hour. (Foto: Dok Kamboti)

BANDUNG, Jalajahnusae.com – Sejumlah gedung pemerintahan di Bandung, mulai dari Gedung Sate,  Gedung DPRD Jawa Barat hingga perhotelan mematikan lampu tepat pada pukul 20.30 WIB dalam rangka memperingati Earth Hour 2021, Sabtu malam (27/3/2021).

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan gerakan Earth Hour itu merupakan ajakan kepada seluruh elemen masyarakat untuk kembali sadar akan perlunya kelestarian bumi. Gerakan mematikan lampu itu dilaksanakan selama satu jam hingga pukul 21.30 WIB.

“Ayo kembalikan keanekaragaman hayati kita yang kaya demi terwujudnya masa depan bumi yang lestari dan berkelanjutan dengan cara melakukan tindakan yang ramah lingkungan,” kata Ridwan Kamil dalam akun media sosial Earth Hour di Bandung, Jawa Barat.

Pada waktu yang bersamaan, sejumlah lampu taman di Lapangan Gasibu pun turut dimatikan. Selain taman, lampu di fasilitas Lapangan Gasibu lainnya pun dimatikan serentak.

Selain mematikan lampu, Ridwal Kamil juga mengajak masyarakat untuk mematikan alat elektronik lainnya yang tidak digunakan selama satu jam dalam gerakan Earth Hour tersebut.

Sejumlah gedung pemerintahan lainnya pun ikut turut mematikan lampu sesuai dengan aksi Earth Hour tersebut. Namun, Gedung Balai Kota Bandung tidak turut mematikan lampu pada waktu aksi gerakan Earth Hour itu.

Meski begitu, Wali Kota Bandung Oded M Danial sebelumnya tetap mengajak masyarakat untuk mengikuti gerakan Earth Hour tersebut dengan sama-sama mematikan lampu selama satu jam.

Karena, menurutnya, hal tersebut merupakan aksi nyata mengajak seluruh masyarakat untuk meningkatkan kepedulian penanggulangan iklim di bumi.

“Pentingnya merawat bumi dan keanekaragaman hayati sebagai kekayaan bangsa, dengan pesan unity in biodiversity, semoga praktik ramah lingkungan menjadi budaya warga Bandung,” kata Oded.

Earth Hour Perhotelan

Sementara itu sektor swasta, seperti perhotelan juga ikut melakukan gerakan “satu jam” tanpa listrik. Meski pada weekend ini banyak hotel yang menerima tamu menginap, Earth Hour tidak mengungrangi kenyamanan mereka.

“ Kami turut dalam gerakan Earth Hour dengan mematikan lampu di area lobby, FO, Resto, kantor dan koridor kamar. Sementara untuk lampu di kamar masih menyala seperti biasa,” kata Aziz Kurniawan Syach, Marketing Communication Sari Ater Kamboti Hotel di Jalan Lemah Neundet No 7, Kota Bandung kepada Jalajahnusae.com.

Menurut Aziz, pemadaham lampu dilakukan selama satu jam penuh, mulai dari pukul 20.30 – 21.30 WIB. (*/adh)