Forapi Jaya Gelar Pelatihan Calon Auditor Pariwisata Bidang Hotel

oleh -
Sebanyak 31 orang yang terdiri dari para para General Manager Hotel, Food & Beverage Manager, Food & Beverage Direktur, Executive Chef, Akademisi dan Praktisi Pariwisata mengikuti pelatihan auditor pariwisata di H Sovereign Bali, Kamis (8/10/2020). (Foto:Ist)

BALI, Jalajahnusae.com – Forum Auditor Pariwisata Jaya (Forapi Jaya) mengadakan pelatihan calon auditor pariwisata bidang usaha hotel di H Sovereign Bali, Kamis (8/10/2020).

Pelatihan yang sebagian besar diikuti oleh para General Manager Hotel, Food & Beverage Manager, Food & Beverage Direktur, Executive Chef, Akademisi dan Praktisi Pariwisata ini akan berlangsung hingga 11 Oktober 2020 mendatang. Untuk jumlah peserta yang mengikuti pelatihan ini mencapai 31 orang.

Pembukaan acara pelatihan auditor ini akan dilakukan Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bali, Ir. I Putu Astawa, M.MA.

Menurut Putu Astawa, pelatihan auditor ini sebagai tindak lanjut dari Peraturan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Nomor PM.53/HM.001/MPEK/2013 tentang Standar Usaha Hotel.

Diharapkan dengan dilaksanakannya pelatihan calon auditor ini akan menambah para auditor pariwisata professional yang selama ini masih sangat kurang di Bali.

Foto:Ist

Para calon Auditor Pariwisata ini kedepan dapat membantu pemerintah  sesuai dengan Undang – Undang Nomor 10 tahun 2009 tentang Kepariwisataan dalam hal sertfifikasi kompetensi di bidang usaha pariwisata.

Sesuai pasal pasal 55  bahwa Sertifikasi Usaha Pariwisata dilaksanakan oleh Lembaga Sertifikasi Usaha Bidang Pariwisata.

Kemudian juga sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 52 tahun 2012 tentang Sertifikasi Kompetensi dan Sertifikasi Usaha di Bidang Pariwisata pasal 20 menyatakan  bahwa salah satu persyaratan pendirian Lembaga Sertifikasi Usaha Bidang Pariwisata adalah memiliki Auditor.