Bumi Sangkuriang,140 Tahun Kehadirannya Tak Pernah Lekang Oleh Waktu

oleh -
Balai Pertemuan Bumi Sangkuriang (BPBS) di Jalan Kiputih 12,Ciumbuleuit Bandung Utara,Jawa Barat ini, telah memasuki usianya yang ke-140 tahun. Direntang waktu yang panjang itu BS masih mempertahankan keaslinan bangunan sehingga masuk sebagai heritage dan banyak dikunjungi wisatawan mancanegara. Foto:Jalajah Nusae/adhi.

JALAJAHNUSAE.com -Balai Pertemuan Bumi Sangkuriang atau sering juga dikenal dengan sebutan BS adalah salah satu destinasi heritage yang memiliki keasrian alam khas Kota Bandung. Sejuk,memiliki udara bersih,area yang luas menjadi keunggulan tersendiri.

Tak salah, jika selebriti Raffi Ahmad memiliki tempat ini sebagai acara resepsi pernikahan. Ketika itu BS menjadi hajatan ngunduh mantu Raffi Ahmad dengan Nagita Slavina.

Jauh dari kebisingan kota,tapi cukup dekat untuk dijangkau dari Kota Bandung, Bumi Sangkuriang tak sekedar  sebuah lokasi wisata di tengah alam yang masih sejuk dan asri, dengan hamparan rumput hijau dan pohon pinus yang menegelilingi taman dan kolam renang di tengahnya.

Dibalik keindahan tersebut, BS memiliki catatan panjang perjalanan. Melampui batas-batas sejarah. Mulai dari perkumpulan yang didirikan beberapa orang Eropa (Belanda) pada tahun 1870 dengan nama Societeit Concordia,Country Club Concordia hingga menjadi Balai Pertemuan Bumi Sangkuriang.

Ketua Badan Pengurus BP Sangkuriang, Dr.Ir Bambang Widyanto. Foto:adhi

“Dari awal berdiri hingga sekarang, tujuan perkumpulan ini adalah ingin mempererat pergaulan yang bersifat ramah-tamah,” kata Ketua Badan Pengurus BP Sangkuriang, Dr.Ir Bambang Widyanto, pada suatu hari saat berbincang-bincang dengan Jalajahnusae.com, akhir Juli 2019 lalu.

Sesuai SK Menteri Kehakiman tanggal 21 Februari 1974 no Y.A.5/48/10 (tambahan berita acara negara RI tanggal 10 Mei 1974 no 38, iklan no 6/1974) perkumpulan ini kemudian diperluas dengan tujuan mempererat dan memperluas pergaulan antara para anggitanya,khususnya dengan masyarakat pada umumnya.