Tips Memilih Penginapan Murah Namun Tetap Nyaman

oleh -
Kamar hotel
Kamar bernuansa etnik di salah satu hotel di kawasan Garut. (Foto JalajahNusae/Iwan)

JALAJAHNUSAE.com – Di era digital saat ini, merencanakan perjalanan wisata menjadi lebih mudah. Seperti hendak berwisata menggunakan pesawat, kita tak perlu lagi repot mengunjungi agen perjalanan atau bandara untuk membeli tiket. Cukup lewat aplikasi di ponsel, kita sudah mendapatkan tiket perjalanan.

Selain tiket, begitu pula kemudahan untuk urusan menginap di hotel, wisatawan cukup melakukan pemesanan via aplikasi dan sudah bisa memesan satu kamar hotel tanpa harus ribet menghubungi pihak hotel terkait.

Namun berbicara soal penginapan atau hotel, kerap kali harga yang ditawarkan tidak cocok dengan anggaran yang wisatawan siapkan. Nah, kalau sudah seperti ini, berikut ini ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk memilih penginapan atau hotel dengan harga murah tapi tidak murahan, artinya masih ramah dengan dompet, namun tetap nyaman untuk ditinggali.

Cek tempat terlebih dahulu

Dalam hal ini, wisatawan tidak harus pergi meninjau sendiri ke hotel yang sekiranya akan dituju, melainkan bisa melihat penilaian rekanan kita yang ada di destinasi tujuan terkait harga dan tingkat kenyamanan hotel. Jika tidak memiliki rekanan di destinasi tujuan, bisa juga melihat  penilaian yang sudah diberikan oleh pengunjung sebelumnya melalui laman pencarian.

Sesuaikan kebutuhan

Jika kebutuhan wisatawan akan lebih banyak beraktivitas di luar dan hanya menjadikan hotel sebagai tempat istirahat ketika malam hari, maka ada baiknya untuk memilih hotel yang menyediakan fasilitas biasa saja atau tidak terlalu mewah.

Manfaatkan promo dan diskon

Bagi yang sudah biasa atau sering menggunakan aplikasi pesan beli tiket online, tentu sudah tidak asing lagi dengan yang namanya promo atau diskon yang diberikan pihak aplikasi. Tidak ada salahnya untuk menggunakan ini agar mendapatkan harga terbaik dari hotel. Walaupun beberapa promo dan diskon ini menyertakan syarat yang cukup ribet, tapi demi mendapatkan harga menginap yang murah, kenapa tidak?

Pilih hotel dekat dengan destinasi

Sebelum memilih hotel, wisatawan pasti sudah merencanakan tentang apa-apa saja yang hendak dilakukan atau destinasi yang dituju sebelum berangkat. Ada baiknya juga, kita memilih hotel yang berdekatan dengan destinasi yang hendak dituju. Karena tidak sedikit penginapan yang posisinya berdekatan dengan suatu destinasi wisata akan memberikan harga murah jika di sekelilingnya terdapat pula bisnis sejenis.***(IG/Sumber: Pesona Indonesia)