Okupansi Hotel Di Anyer Turun Hingga Tinggal 60 Persen

by -
Ilustrasi tamu hotel. (SHUTTERSTOCK)

JALAJAHNUSAE.com – Tingkat hunian hotel (okupansi) di Pantai Anter,Pandeglang,Banten pada Agustus ini diperkirakan turun hingga hanya 60 persen. Penurunan ini imbas dari  bencana gempa yang terjadi awal bulan lalu.

“Saat weekend okupansi hotel disini mencapai 100 persen. Tapi pada saat akhir pekan lalu hanya mencapai 60 persen. Kondisi ini terjadi karena masih dalam kondisi traumatic gempa 2 Agustus lalu,” kata Ketua Indonesian Hotel General Manager Association (IHGMA), Banten, Doddy Fathurahman kepada Jalajahnusae.com,Senin (05/08/2019).

Menurut Doddy, untuk seminggu kedepan diperkirakan masih akan terjadi penurunan dikarenakan banyaknya cancellation.

Ketua IHGMA Banten yang juga General Manager Hotel Aston Anyer,Banten, Doddy Faturahman. Foto:IG-@astonanyer

“Sekitar 10 persen dari total kamar yang sudah terbooking pada  bulan Agustus di-cancel. Namun demikian untuk pemesanan diluar Agustus tidak ada penundaan. Mudah-mudahan dalam beberapa hari kondisinya memang benar-benar sudah membaik,” kata Doddy yang juga General Manager Hotel Aston Anyer ini.

Doddy meyakini penurunan okupansi ini hanya bersifat sementara. Bagi industri perhotelan yang bergerak di pesisir pantai memang isu gempa atau tsunami menjadi tantangan. Setelah kembali normal, tamu akan membludak seperti biasa.

“Yang jelas, kali ini dampaknya tidak seperti kejadian tsunami Desember silam,” ujar Doddy.