5 Rekomendasi Tempat Makan Enak untuk Brunch di Kota Bandung

oleh -
Lula Bakery & Coffee
menu di Lula Bakery & Coffee (dok. Lula Cafe)

JALAJAHNUSAE.com – Konsep makan penamaannya biasanya disesuaikan dengan jam makan yang dilakukan. Seperti breakfast atau sarapan yaitu makan di pagi hari. Ada juga lunch, sebutan untuk makan siang. Nah sekarang ada lagi konsep makan yang kini sedang populer, dikenal dengan istilah brunch.

Brunch sendiri merupakan singkatan dari breakfast dan lunch. Sesuai namanya, konsep ini erat dengan kombinasi sarapan dan makan siang. Waktunya berlangsung dari akhir pagi sekitar pukul 10.00 sampai siang pukul 15.00.

Beberapa sumber menyebutkan, istilah brunch, konon pertama kali muncul di majalah satir “Punch”. Di majalah itu, tertulis bahwa brunch diciptakan di Inggris tahun 1895 untuk menggambarkan makanan hari Minggu bagi “peminum Sabtu malam” yang dimulai pada siang hari namun menyuguhkan makanan sarapan.

Nah, di Indonesia sekarang ini banyak restoran ataupun kafe turut menyajikan konsep brunch, termasuk di Kota Bandung. Berikut ini ada 5 rekomendasi tempat makan enak yang cocok untuk brunch dengan sajian menu-menu nan lezat.

Lula Bakery & Coffee

Cafe yang satu ini hadir dengan mengusung konsep minimalis. Di sana tersedia pilihan menu enak dan sehat. Beberapa menu andalannya, di antaranya Smoothies Bowl, Poke Bowl, Fish Wrap, dan Trio Mushroom Breakfast. Lokasinya ada di Jalan Citarum No.12. Buka setiap hari mulai pukul 07.00 WIB hingga 22.30 WIB (kecuali Sabtu, buka hingga pukul 23.00 WIB)

Bellamie Boulangerie

Ragam Menu Bellamie Boulangerie. (dok. Bellamie Boulangerie)

Bellamie Boulangerie tidak hanya memiliki tempat yang nyaman dan luas, namun juga menyajikan beragam menu menarik yang cocok disantap saat waktu brunch tiba. Salah satunya pilihan menu sandwich seperti Creamy Salmon Sandwich, Spicy Tuna Sandwich, dan lainnya. Alamatnya di Jalan Cihapit No.35. Setiap hari buka dari pagi mulai pukul 07.00 – 22.00 WIB (Sabtu buka sampai pukul 23.00 WIB).

Noah’s Barn

Smoked Salmon Croissant di Noah’s Barn. (dok. Noah’s Barn)

Tempat makan ini, cukup populer di kalangan milenial. Di tempat ini, selain bisa mencicipi lezatnya secangkir kopi ala Noah’s Barn, tersedia pula beberapa menu brunch yang wajib dicoba mulai dari Granola Berry Bowl, Smoked Salmon Benedict, hingga Chicken Waffle. Berlokasi di Jalan Dayang Sumbi No.2, berada dekat dengan Kampus ITB. Noah’s Barn buka setiap hari dari pukul 08.00 sampai pukul 23.00 WIB, kecuali Sabtu hingga pukul 00.00 WIB.

Cups Coffee & Kitchen

Cups Coffee and Kitchen
Sunny Side Up (dok. Cups Coffee and Kitchen)

Cafe yang mempunyai desain tempat didominasi ornamen kayu ini, menawarkan menu breakfast maupun brunch, seperti Fruit Bowl, Sunny Side Up, dan Poached Egg. Jika ingin mencoba menu makanan manis, jangan lupa mencicipi Chocolate Pancake atau 4 Ways Waffle. Lokasi cafe ini di Jalan Trunojoyo No.25. Bukanya setiap hari dari pagi hingga malam (pukul 07.00 – 22.00 WIB, kecuali Jumat & Sabtu, buka sampai pukul 23.00 WIB)

Braga Permai

Braga Permai
Rye Burger (dok. Braga Permai)

Dari semua tempat makan di atas, Braga Permai merupakan restoran yang paling tua di Kota Bandung. Braga Permai sudah buka sejak zaman kolonial Belanda, yaitu tahun 1923. Lokasinya ada di kawasan Braga, tepatnya di Jalan Braga No.58. Beberapa menu brunch yang harus dicoba, yaitu Sandwich Selection, Yoghurt Bowl, French Toast, Rye Burger, dan lainnya. Restoran ini buka setiap hari mulai pukul 06.30 – 00.00 WIB. Kecuali Sabtu, buka lebih panjang hingga pukul 01.00 WIB.*** (IG/berbagai sumber).