Presdir BCA Minta Diizinkan Buat “Platform e-Commerce” Untuk UMKM

oleh -
Presiden Direktur PT Bank Central Asia Tbk Jahja Setiaatmadja foto selfie bersama wartawan sebelum adanya pandemi corona, tahun lalu. (Foto:Ist)

JALAJAHNUSAE.com, Jakarta –  Presiden Direktur PT Bank Central Asia Tbk Jahja Setiaatmadja meminta Bank Indonesia dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dapat memberikan kesempatan kepada bank untuk menciptakan semacam platform e-commerce untuk menampung pelaku UMKM yang ingin melakukan penjualan.

Menurut Jahja, platform e-commerce seperti Shopee, Tokopedia, dan lainnya, sebagian besar masih menjual produk-produk impor.

Artinya, lanjut Jahja, pelaku UMKM belum mempunyai semacam super apps yang bisa menempatkan produk-produk lokal sehingga dapat semakin berkembang ke depan.

“Memang bank tidak boleh jualan, tapi mohon sekali dari OJK ataupun BI bisa memberikan kesempatan bank menciptakan suatu platform untuk e-commerce, bukan untuk jualan. Kita hanya melakukan payment system. Dalam hal ini QRIS sudah sangat adaptif dan sudah bisa kita pergunakan dan di samping tentunya ada payment-payment lain juga yang bisa ditempatkan dalam e-commerce,” ujar Jahja dalam seminar UMKM Memasuki Ekosistem Digital di Jakarta, Minggu (30/8/2020).