Datsun Lesu 830 Karyawan Nissan Indonesia Terkena Imbas PHK

oleh -
Salah satu produk kendaraan Nissan, Datsun saat tampil di Gaikindo Indonesia Internasional Auto Show (GIIAS) 2019 di Indonesia Convention Exebition (ICE) BSD, Serpong. Foto:IG-@id_datsun

JALAJAH NUSAE – Nissan melalui merek Datsun-nya mengalami kesulitan untuk mendapatkan traksi di Indonesia. Akibatnya, karyawan Nisan Indonesia terkena imbas pemutusan hubungan kerja (PHK). Tercatat ada 830 karyawan yang akhirnya harus dirumahkan.

PHK ini merupakan bagian dari pemotongan kerja sebanyak 12.500 karyawan Nissan di seluruh dunia.

Hal ini disampaikan langsung oleh CEO Hiroto Saikawa saat press conference minggu lalu. Saikawa dalam jumpa persnya memperlihatkan setidaknya ada 14 negara yang akan mengalami PHK.

Namun karena ini merupakan masalah yang sensitif, Saikawa tidak menyebutkan satu per satu negara atau pabrik yang akan mengalami PHK. Presentasi yang memperlihatkan efisiensi investasi itu pun ditutupi.

“Selama tahun fiskal 2018-2019 kami sudah dan mulai mengurangi pekerja di 8 lokasi, sebanyak 6.400 orang lebih dan 6 lokasi mulai tahun fiskal 2020 sampai 2022 sebanyak 6.100 orang, jadi totalnya 12.500 pekerja,” ujarnya dalam video yang dirilis Nissan.