Kemenpar Ajak SMF Dorong Pengembangan Homestay

oleh -
Sosialisasi dukungan kredit kemitraan untuk homestay di Balai Desa Kuta, Lombok (22/8/2019). (Foto Kemenpar)

JALAJAHNUSAE.com – Kementerian Pariwisata (Kemenpar) menjalin kemitraan dengan lembaga keuangan PT Sarana Multigriya Finansial (Persero) untuk pengembangan homestay di Mandalika, Nusa Tenggara Barat. Hasil kerja sama pun dituangkan dalam bentuk sosialisasi mengenai dukungan kredit kemitraan untuk perbaikan atau pengembangan homestay/pondok wisata di Balai Desa Kuta, Lombok, Kamis (22/8/2019).

Bersumber dari siaran pers Kemenpar, kegiatan sosialisasi itu menjadi tindak lanjut ditandatanganinya Perjanjian Kerja Sama mengenai dukungan pembiayaan Homestay di 10 Destinasi Pariwisata Prioritas oleh kedua belah pihak di Kemenpar pada bulan Juli lalu.

Ketua Tim Percepatan Pengembangan Homestay Desa Wisata Kemenpar, Anneke Prasyanti mengungkapkan, Mandalika menjadi destinasi lanjutan setelah sebelumnya program kemitraan sudah mulai dimanfaatkan di Desa Samiran, Boyolali, Jawa Tengah, dan Desa Nglanggeran, Gunung Kidul, D.I. Yogyakarta.

Anneke menambahkan, sosialisasinya mengenai konsep dan regulasi yang melingkupi Homestay Desa Wisata. Ia sekaligus menjelaskan tentang awal mula kerja sama dengan Kementerian/Lembaga terkait.