Pemerintah China Beri Subsidi Warganya Untuk Beli Mobil

oleh -
Pasangan di China dengan masih mengenakan masker menari-nari di sebuah taman di Shenyang di provinsi Liaoning, China timur laut, pada 22 Maret 2020. China melaporkan tidak ada kasus lokal baru dari virus korona (Covid-19) pada 23 Maret 2020 lalu. Foto:IG-@afpphoto

JALAJAHNUSAE.com – Pemerintah China memberikan subsidi kepada warganya untuk membeli mobil. Kebijakan “ekstrim” ini diberikan untuk membangkitkan kembali industri otomotif yang sempat menurun akibat pendemi corona (Covid-19).

Subsidi pembelian mobil yang diberikan pemerintah China terbilang besar. Per satu kendaraan mendapat US$ Rp 1.400 (sekitar Rp 21,8 juta).

Kini, China sudah berangsur pulih dari pandemi virus Corona. China  pun berupaya membangkitkan lagi ekonominya.

Menjadi negara awal munculnya virus Corona, China mengalami pukulan hebat di sektor ekonomi dan bisnis. Salah satunya industri otomotif yang mengalami penurunan penjualan luar biasa besar.

Dalam kondisi normal, penjualan mobil China sampai pertengahan April diprediksi mencapai 6 juta unit. Namun pandemi virus corona menyusutkan angka penjualan mobil menjadi hanya 3,7 juta unit saja.

Penurunan angkan penjualan terbesar terjadi di Februari, sebesar 79%. Sementara pada Maret penurunan tercatat sebesar 43% jika dibanding periode yang sama tahun lalu.