Usulan Kadin Soal Permintaan Anggaran Rp 1.600 Triliun Sedang Dibahas

oleh -
Staf Khusus Menteri Keuangan Bidang Komunikasi Strategis Yustinus Prastowo. Foto: dok pribadi

JALAJAHNUSAE.com – Pemerintah saat ini sedang membahas usulan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia untuk menaikkan anggaran pendanaan penanganan wabah virus Corona (Covid-19) menjadi Rp 1.600 triliun dari saat ini Rp 405,1 triliun.

Secara rinci, anggaran Rp 1.600 triliun itu akan dipecah menjadi Rp 400 triliun digunakan untuk kesehatan, Rp 600 triliun untuk jaminan sosial, dan Rp 600 triliun untuk stimulus ekonomi.

Menanggapi hal ini, Staf Khusus Menteri Keuangan Bidang Komunikasi Strategis Yustinus Prastowo mengatakan, usulan Kadin akan ditampung dan didiskusikan oleh pemerintah.

“Pasti itu jadi masukan yang bagus dan akan terus didiskusikan. Apalagi ini kan para pelaku usaha di banyak sektor, komunikasi dengan Kadin juga terus dibangun,” ujar Yustinus sebagaimana dilansir Kontan.co.id, Kamis (23/4/2020).

Menurut Yustinus, pada dasarnya konsep Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2020 sesuai dengan Perppu No 1 tahun 2020 tentang Kebijakan Keuangan Negara dan Stabilitas Sistem Keuangan Untuk Penanganan Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) adalah bersifat dinamis.