James Riady Sebut Omnibus Law Bisa Memangkas Ratusan Izin

oleh -

BANDUNG, Jalajahnusae.com – CEO Lippo Group James Riady mengatakan isi  Omnibus Law terkait perizinan dan investasi sangat membantu pengusaha. UU yang masih diselimuti kontroversi tersebut bahkan bisa memangkas ratusan izin.

“Undang-undang perburuhan memang semua mengakui perlu ada penyesuaian. Termasuk terkait dengan perizinan-perizinan yang selama ini begitu banyak. Selama ini membangun satu rumah sakit memerlukan 140 izin, coba bayangkan,” kata James saat berbicara dalam acara Talk Show Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jawa Barat, Kamis (22/10/2020) di The Luxury Trans Hotel, Kota Bandung.

James Riady hadir sebagai undangan dalam pelantikan kepengurusan Kadin Jabar Sisa Masa Bakti 2019-2024.

Ia mendampingi Ketua Umum Kadin Rosan Perkasa Roeslani dalam dialog yang dipandu ekonom senior Jawa Barat Acuviarta Kartabi.

Menurut putra mahkota Mochtar Riady ini selama birokrasi perizinan masih panjang, maka akan menyurutkan calon investor di Indonesia.

“Siapa yang mau melakukan investasi kalau pengurusan izin masih terlalu rumit dan panjan. Dan, Omnibus Law ini begitu banyak perizinan yang disederhanakan dan tumpang tindih hampir sebagian itu diluruskan,” tambahnya.

Oleh sebab itu,kata James, pengusaha patut mensyukuri situasi pelonggaran skema perizinan dalam Omnubus Law.

James Riady adalah salah satu dari 127 anggota Satuan Tugas (Satgas) Bersama Pemerintah dan Kadin untuk konsultasi publik Omnibus Law yang terdiri dari perwakilan kementerian atau lembaga terkait, pengusaha, kepala daerah, akademisi, dan tokoh masyarakat. (adh)