Apindo Usulkan Pemerintah Segera Bentuk Gugus Tugas Kebangkitan Ekonomi

oleh -
Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Haryadi Sukamdani. Foto: Jalajah Nusae/adhi

JALAJAHNUSAE.com – Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) mengusulkan agar segera dibentuk gugus tugas untuk membangkitkan kembali kegiatan ekonomi yang sudah memburuk akibat pandemi covid-19.

Usulan ini pun  telah disampaikan langsung pada pembina pelaku industri dalam hal ini Kementerian Perindustrian.

“Diperlukan gugus tugas untuk membangkitkan kembali kegiatan ekonomi. Selain itu, secara lebih khusus, perlu menciptakan momentum untuk mendorong konsumsi masyarakat untuk meningkatkan penjualan, khususnya bagi produk makanan dan minuman,” kata Ketua Apindo Haryadi Sukamdani dalam keterangan persnya, Rabu (20/5/2020).

Hariyadi menekankan sebaiknya memang pemerintah dapat membantu sektor industri, karena jumlahnya dan perannya terhadap PDB cukup signifikan.

Hariyadi pun menyambut baik surat edaran Menteri Perindustrian yang diterbitkan dan disebarkan ke pemerintah daerah. Surat tersebut, diakuinya cukup efektif dan positif dalam menjaga aktivitas sektor industri.

“Kami juga berterima kasih kepada Menperin karena telah mengirimkan surat ke PLN, semoga bisa direspons cepat. Sebab, anggota kami masih harus bayar minimum charge, padahal sedang tutup atau turun kapasitas,” ujarnya.

Di sisi lain, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita akan mendorong Purchasing Managers Index (PMI) manufaktur Tanah Air kembali pada level 51,9 atau raihan angka periode Februari 2020 lalu dalam tiga bulan ke depan.