Sudah Betul Pak Presiden, IMB Cabut Saja

oleh -
Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat berbicara di Munas XVI HIPMI di Jakarta, Senin (16/9/2019) lalu. Dalam kesempatan tersebut Jokowi menyampaikan rencana pemerintah mengajukan banyak revisi undang-undang terkait perizinan dan investasi. Foto: IG-@jokowi

JALAJAHNUSAE.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) belakangan ini sangat concern terhadap reformasi perizinan. Sebab, sektor ini benar-benar membuat pusing investor. Tidak saja mereka yang datang dari luar,tetapi juga  pengusaha dalam negeri dibuat geleng-geleng kepala.

Bagaimana tidak, jika di beberapa negara seperti Vietnam,Thailand,Malaysia dan China untuk memperoleh izin hanya butuh waktu dalam hitungan jam, di Indonesia untuk menerbitkan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) bisa sampai berbulan-bulan, bahkan sampai tahunan.

Oleh sebab itu langkah Jokowi untuk mencabut IMB sudah sangat tepat. Jika regulasi perizinan masih seperti saat ini, maka jangan heran negara-negara maju mau menanamkan investasinya ke Indonesia.

Menteri Agraria dan Tata Ruang & Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Sofyan Djalil menceritakan latar belakang rencana pemerintah mencabut Izin Mendirikan Bangunan (IMB) yang dinilai menjadi salah satu faktor yang menghambat investasi khususnya sektor properti.