Gerakan Nasional 1000 Startup Digital 2019 Dibuka Sepanjang Tahun

by -
Dok. Kemkominfo

JALAJAH NUSAE – Ada kesempatan yang bagus bagi para millenial yang berminat di dunia startup. Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo), telah membuka pendaftaran program pembinaan Gerakan Nasional 1000 Startup Digital hingga akhir tahun 2019. Pendaftaran bisa melalui laman www.participant.1000startupdigital.id

Menurut Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kemkominfo, Semuel Abrijani Pangerapan bersumber dari siaran pers Kemkominfo, selama 3 tahun perjalanan Gerakan Nasional 1000 Startup Digital telah memberikan kesempatan bagi puluhan ribu anak Indonesia untuk mendapat wadah merealisasikan mimpi besar mereka melalui solusi digital.

“Di tahun ini Gerakan Nasional 1000 Startup Digital hadir dengan strategi, tahapan dan fitur-fitur yang berbeda dari sebelumnya. Dengan penampilan baru kita akan rilis Ignite the Nation, Kobarkan Bangsa! Membangun Bangsa dengan Mimpi! Mimpi Besar yang merupakan solusi bangsa dan dunia!” papar Semuel.

Penampilan baru ini membawa konsep untuk perluasan skala dan peningkatan kualitas pengembangan startup digital, termasuk mengajak kementerian dan lembaga lain serta mitra lokal. Selain itu, kurikulum program pun telah direvisi dengan fokus pada inkubasi.

Staf Khusus Menteri Kominfo Bidang Ekonomi Digital, Lis Sutjiati juga menyampaikan, portofolio dan kualitas mentor akan ditingkatkan dan terjadwal dengan baik.

“Gerakan ini bukan sekolah, tapi merupakan upaya untuk menciptakan ekosistem ekonomi digital. Apalagi di Indonesia masih banyak peluang untuk membuat solusi dari permasalahan sehari-hari sampai masalah kota dan bangsa; mulai dari pertanian,pendidikan, kesehatan dan lainnya,” tutur Lis Sutjiati.

Program pembinaan ini pun bersifat inklusif. Seluruh individu berusia usia 18-40 tahun yang memiliki niat dan semangat membangun usaha digital dapat mendaftarkan diri mereka. Untuk gelombang pendaftaran tahun 2019 ini, dalam 3 hari pertama pendaftaran telah ada sekitar 4.000 pendaftar untuk mengikuti Gerakan Nasional 1000 Startup Digital.