Presiden Minta Pemilik Mal Beri Ruang Strategis Merek Lokal

oleh -
Jokowi Buka Hari Belanja Diskon Indonesia (HBDI) dan Parade Merk Lokal Indonesia Tahun 2019, di The Hall Senayan City, Jakarta Selatan, Kamis (15/8/2019). (Dok. Kominfo.go.id)

JALAJAHNUSAE.com – Presiden Joko Widodo mengharapkan pasar yang ada di Indonesia tidak dibanjiri barang impor atau dikuasai merek luar. Pasar Indonesia ini sangat besar sekali. Oleh karena itu Presiden Jokowi meminta kepada para pemilik mal di Tanah Air agar memberikan ruang strategis kepada merek lokal.

“Apa, mau kosmetik, ada Mustika Ratu, ada apa, Sari Ayu, ada apa lagi, Wardah. Ada. Jangan sampai mal-mal kita itu diisi oleh yang lain. Jangan,” tutur Jokowi saat memberikan sambutan pada pembukaan Hari Belanja Diskon Indonesia (HBDI) dan Parade Merk Lokal Indonesia Tahun 2019, di The Hall Senayan City, Jakarta Selatan, Kamis (15/8/2019) petang, dikutip dari laman kominfo.go.id.

Lebih lanjut Jokowi mengatakan, ada strategi dari mal-mal untuk membantu pemerintah agar impor tidak membanjiri Indonesia. Ia juga menitipkan pasar dalam negeri kepada para produsen yang sudah mengekspor produk-produknya, jangan sampai ada yang kosong sehingga produk dari luar itu mengisi.

“Urusannya ekspor terus. Betul, bener. Tapi lokal pun tolong juga diisi. Jangan dibiarkan pasar lokal dikuasai produk yang dari luar. Hati-hati karena neraca perdagangan kita masih defisit,” imbuhnya.