3 Dari 10 Toko Terkenal Lakukan Trik Diskon Palsu

oleh -
foto:IG-@studiotas.id

JALAJAHNUSAE.com – Ada yamg menarik dari hasil studi yang dilakukan oleh lembaga non profit Consumer’s Checkbook.

Apa itu? Ternyata 3 dari 10 toko terkenal melakukan trik berupa diskon palsu, yaitu menaikkan harga barang terlebih dahulu sebelum memberikan diskon.

Mengutip NBCNews, dalam riset tersebut, para peneliti melacak harga 6 hingga 10 item di tujuh toko retail di AS selama 44 minggu.

Sebagian besar cek harga dilakukan secara online, lalu dicocokkan dengan harga di dalam toko.

Hasilnya, sebagian besar toko memang memberikan harga diskon yang sesuai, namun masih ada toko yang memberikan harga diskon palsu dengan menaikkan harga terlebih dahulu.

Namun, terlepas dari ada atau tidaknya realitas diskon ‘palsu’ di Indonesia, Bareyn Mochaddin seorang Perencana Keuangan Independen memiliki kiat agar Anda tak terjebak dengan harga palsu di pesta diskon.

Nah, sekarang kan lagi musim potongan harga.

Menolak’ barang yang didiskon hingga 74 persen memang sulit rasanya.

Bisa jadi, ini yang akan Anda rasakan saat datang ke perayaan Indonesia Great Sale 2019 di sejumlah mal besar.

Sebagai ajang untuk memperingati HUT RI ke-74, Indonesia Great Sale 2019 memang menawarkan diskon hingga 74 persen di outlet-outlet tertentu.

Namun, jangan sampai niat untuk berhemat, justru berujung pada terjebak diskon palsu.

Berikut saran yang diutarakan Bareyn kepada CNNIndonesia, Kamis (15/8/2019).

1. Bandingkan online

Sejalan dengan riset yang dilakukan Consumer’s Checkbook, Bareyn menyarankan untuk membandingkan harga produk diskon di marketplace terpercaya terlebih dahulu. Lalu pertimbangkan, apakah promo diskon benar-benar memotong harga secara signifikan atau tidak.

2. Hindari sikap impulsif

Sikap impulsif atau terburu-buru seringkali membuat orang tak berpikir jernih, termasuk saat berbelanja. Hal ini berisiko membuat kita mengeluarkan lebih banyak uang akibat tak memikirkan apakah harga diskon tersebut sepadan dengan kualitas barang yang didapat, atau apakah itu menjadi harga terbaik bila dibandingkan dengan toko atau marketplace lain. Bareyn mengingatkan, sale akan selalu ada sepanjang tahun. Bila tak benar-benar dibutuhkan, baiknya tak asal ‘mencomot’ barang diskon.

3. Barang bernilai jual

Anda bisa menjadikan ajang diskon sebagai waktu yang tepat untuk berburu barang bernilai historis atau memiliki harga jual tinggi. Sehingga bila suatu saat barang sudah tak lagi terpakai, Anda bisa menjualnya kembali sebagai barang preloved. Umumnya, barang berkualitas baik dari merek populer tak sembarangan memberi harga diskon palsu.

Bagaimana? Siap berburu diskon dengan harga terbaik?

(adh/cnn)