Izin Boleh Bekerja,Mampukah Mendongkrak Produktivitas Perusahaan

oleh -
Ekonom CORE Indonesia Akhmad Akbar Susamto saat memberikan penjelasan kepada wartawan. foto; net

JALAJAHNUSAE.com Р Keputusan pemerintah yang mengizinkan masyarakat kelompok muda usia di bawah 45 tahun tetap bekerja di tengah pandemi virus corona dinilai pengamat ekonomi bisa menjadi bumerang tersendiri bagi pemerintah.

Disamping itu, meski banyak karyawan yang kembali bekerja normal demi meningkatkan produktivitas perusahaan, ujung-ujungnya akan percuma karena jumlah permintaan yang masih rendah di dalam negeri.

“Misalnya pekerjaan serabutan, siapa yang mau kasih kalau lagi seperti ini, ya tidak ada. Mau buka usaha apa bingung karena tidak ada yang beli. Itu contohnya,” demikian disampaikan Ekonom CORE Indonesia Akhmad Akbar Susamto,kemarin.

Ahmad menilai pemerintah telah mengambil risiko yang justru bisa membuat pemulihan ekonomi berlangsung lebih lama dari perkiraan awal.

Ia menyatakan proses penyebaran virus corona yang mulai reda dari sebelumnya bisa kembali masif karena banyak masyarakat yang tak lagi menerapkan bekerja dari rumah (work from home/wfh). Bila penyebaran terus meningkat, maka dampaknya ke ekonomi semakin parah.

“Saya memang belum ada hitungan pasti tapi keputusan ini bukan bantu ekonomi tapi ada konsekuensi lebih parah ke ekonomi,” ucap Akhmad sebagaimana dilansir cnnindonesia.