Harga Daging Sapi di Pasar Tradisional Kabupaten Cianjur Naik

oleh -
Pedagang daging sapi di Pasar Cipanas,Kabupaten Cianjur sedang melayani pembeli. Mendekati Hari Raya Idul Fitri permintaan akan daging sapi mengalami kenaikan. Foto: Jalajah Nusae/adhi

JALAJAHNUSAE.com – Mendekati Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriah, harga daging di pasar tradisional di Cianjur, Jawa Barat, merangkak naik.

Kenaikan ini dipicu tingginya permintaan sepanjang bulan puasa, sehingga daging sapi saat ini dijual Rp130.000 per kilogram dan daging ayam naik menjadi Rp32.000 per kilogram.

Ketua Asosiasi Pedagang Daging Ayam dan Sapi (APDAS) Cianjur, Yayu Sri Rahayu saat dihubungi Rabu, mengatakan sejak satu pekan terakhir tepatnya pertengahan bulan puasa, tingkat pembelian oleh masyarakat di sejumlah pasar tradisional di Cianjur meningkat, meskipun pemesan dari hotel dan rumah makan menurun hingga 50 persen.

“Tingkat pemesanan warga sudah terlihat sejak merebaknya COVID-19 beberapa pekan terakhir, sedangkan pesanan yang biasanya cukup tinggi dari hotel dan restoran, menurun tajam karena sebagian besar tutup sesuai anjuran pemerintah. Sehingga perputaran ekonomi pedagang daging tetap berjalan meskipun sedikit menurun,” katanya.

Ia menjelaskan satu pekan pertama bulan puasa harga daging sapi dan ayam sempat anjlok, namun selang satu pekan kedua bulan puasa kembali naik.

Daging sapi sempat dijual Rp100.000 per kilogram dan daging ayam sempat terjun di angka Rp18.000 per kilogram. Namu Minggu ketiga puasa kembali merangkak naik, daging sapi dijual Rp130.000 per kilogram dan daging ayam dijual Rp32.000 per kilogram.