Kadin Sebut Pengangguran Baru Tembus 6 Juta, Kemenaker Mencatat Hanya 2 Juta

oleh -
Ketua Yayasan Kemanusiaan Kadin Indonesia, Rosan P. Roeslani saat menyampaikan arahan sebelum memberikan bantuan 3500 paket sembako yang diterima oleh koordinator Jaringan Rakyat Miskin Kota (JRMK) Jakarta, Eny Rochayati, di Kampung Aquarium I, Penjaringan, Jakarta, baru-baru ini. foto:@kadin.indonesia.official

JALAJAHNUSAE.com – Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia menyebutkan bahwa jumlah pekerja yang terdampak virus corona mencapai 6 juta orang.

Dari total angka tersebut Rosan menerangkan, 90% pegawai berstatus dirumahkan dan 10% di-PHK.

Ketua Umum Kadin Rosan P. Roeslani menjelaskan angka tadi didapat dari masukan-masukan dari asosiasi dan himpunan yang secara berkala memberikan masukan ke Kadin.

Namun ia mengaku angka yang didapat Kadin berbeda dengan yang ada di Kementerian Ketenagakerjaan.

“Angka di kami Kadin berdasarkan masukan asosiasi, himpunan secara reguler ke kami itu angka lebih dari 6 juta. Tapi kalau Kemenaker mungkin masih di level 2 juta. Walaupun yang dirumahkan itu persentasenya 90% dan yang di PHK 10%, di mana kalau PHK kan harus bayar pesangon. Tapi perusahaan saat ini tidak dalam kapasitas untuk membayar pesangon ke pegawai,” jelas Rosan saat diskusi virtual pada Minggu (7/6/2020).