Jack Ma “Dibenci” Pemerintah China, Posisinya Digeser Bos Xiaomi, Lei Jun

by -
Bos Alibaba Jack Ma (atas) dan pendiri Xiaomi Corp Lei Jun (bawah). (Foto: dok)

SHANGHAI, Jalajahnusae.com – Pemerintah China sejak awal sudah diperkirakan memang kadung “membenci” pendiri Alibaba group, Jack Ma.

Itu sebabnya, Jack Ma pun  didepak oleh pemerintah China dari daftar pengusaha yang diterbitkan oleh media setempat, Shanghai Securities News.

Dilansir dari Bloomberg, pekan ini, media pemerintah setempat tersebut merilis daftar pengusaha China yang memimpin di bidang teknologi.

Dalam daftar itu ada Pony Ma dari Tencent Holdings Ltd, Wang Chuanfu dari BYD Co, pendiri Xiaomi Corp Lei Jun, serta Ren Zhengfei dari Huawei Technologies Co.

Sementara nama Jack Ma menghilang. Tak dimasukkannya Jack Ma di dalam daftar tersebut kian menunjukkan ketidaksenangan pemerintah China terhadap dirinya.

Laporan singkat tersebut setidaknya mengurangi kekhwatiran dari Tencent untuk terlibat dalam ketegangan antara pemerintah China dengan perusahaan teknologi swasta.

Seperti diketahui, saat ini pemerintah China tengah fokus dalam menangani kasus perusahaan milik Jack Ma, Alibaba dan Ant Group yang dinilai terlalu dominan di pasar China.

Pemerintah China sendiri kini tengah meluncurkan kampanye untuk mengurangi pertumbuhan dari perusahaan teknologi swasta dalam setiap aspek kehidupan masyarakat setempat.

Di sisi lain, layanan pesan singkat milik Tencent, WeChat, merupakan salah satu layanan yang paling banyak digunakan oleh penduduk setempat.