Gratis PLN Hanya Untuk 450 Volt Ampere,Selebihnya Bayar

oleh -
Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan pembebasan biaya listrik tiga bulan untuk 24 juta pelanggan dengan daya 450 Volt Ampere (VA) dan diskon 50% untuk 7 juta pelanggan 900 VA bersubsidi. Foto:IG-@jokowi

JALAJAHNUSAE.com – Pelanggan PLN mendapatkan keringanan beban gratis selama tiga bulan. Pengumuman ini disampaikan langsung oleh Presiden Joko Widodo sebagai langkah perlindungan sosial dan stimulus ekonomi untuk menghadapi dampak pandemi virus corona.

Ada sekitar 24 juta pelanggan yang mendapatkan stimulus gratis ini. Sayangnya, hal itu hanya berlaku bagi yang menggunakan beban PLN dengan daya 450 Volt Ampere (VA). Selebihnya, sebanyak 7 juta pelanggan 900 VA hanya mendapat subsidi diskon sebesar 50%.

Direktur Utama PT PLN (Persero) Zulkifli Zaini mengungkapkan kesiapannya untuk menjalankan kebijakan pemerintah tersebut.

Ia mengatakan, pihaknya mendukung penuh kebijakan pemerintah untuk memberikan keringanan biaya listrik yang akan berlaku selama tiga bulan yakni April, Mei, dan Juni 2020.

“Kebijakan pembebasan tagihan untuk pelanggan 450 VA dan keringanan tarif listrik 50% tersebut sudah dibicarakan dan dikoordinasikan dengan PLN. Kami sangat mendukung dan siap melaksanakan kebijakan Pemerintah yang disampaikan oleh Presiden Joko Widodo,” kata Zulkifli dalam keterangan tertulisnya, Selasa (31/3.2020).