Pelantikan Kepengurusan BPC PHRI Subang Harus Menjadi Momentum Penguatan Pariwisata

oleh -
Ketua BPD PHRI Jawa Barat Herman Muchtar melantik kepengurusan BPC PHRI Kabupaten Subang,Rabu (26/2/2020) di Sari Ater Hotel & Resort. Foto:Jalajah Nusae/adhi

JALAJAHNUSAE.com – Ketua BPD Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Jawa Barat Herman Muchtar berharap kepengurusan BPC PHRI Kabupaten Subang yang baru dikukuhkan bisa menjalin sinergitas yang baik dengan pemerintah daerah.

Hal ini penting untuk bersama membangun dan mengembangkan pariwisata di kawasan Subang. Ia meminta kerjasama yang sudah berjalan baik selama ini  hendaknya bisa ditingkatkan dalam menghadapi kompetisi global.

“PHRI selama ini telah berpartisipasi dan memberikan kontribusi yang besar terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD). Oleh sebab itu saya menginginkan di Kabupaten Subang ini, prestasi itu bisa dilanjutkan,” demikian disampaikan Herman Muchtar saat memberikan sambutan pada acara Pelantikan Pengurus BPC PHRI Subang Periode 2019-2024 di Dayang Sumbi, Sari Ater Hotel & Resort,Kabupaten Subang,Rabu (26/2/2020).

Ketua BPD PHRI Jawa Barat Herman Muchtar saat memberikan sambutan di pelantikan pengurus BPC PHRI Subang,Kamis (26/2/2020). Foto: adhi

Herman mencontohkan kerjasama antara BPC PHRI Karawang dengan pemerintah daerah (Pemda) bisa menjadi inspirasi bagi stakeholder di daerah-daerah lain.

“Musyawarah Nasional (Munas) PHRI 2020 yang baru saja berlangsung disponsori langsung oleh Bupati Karawang dengan mengucurkan anggaran Rp. 700 juta. Ini agak unik. Saya tanya, kenapa bupati mau melakukan itu  (kebijakan). Saya kemudian mendapat jawabannya, bahwa selama ini partisipasi hotel dan restoran ternyata cukup besar untuk PAD,” ungkap Herman.

Menurut Herman, pada tahun 2017 pemda Karawang berhasil menghimpun PAD dari sektor hotel dan restoran sebesar Rp. 27 miliar dan pada tahun 2019 naik signifikan menjadi Rp 128 miliar.

“Kenapa ada peningkatan? Ini berkat kerjasama Ketua BPC PHRI Karawang dan Bupati yang mengintruksikan agar semua karyawan industri yang ada tidak boleh menginap atau melakukan kegiatan di luar Karawang,” papar Herman.

Ketua BPC PHRI Subang periode 2019-2024,Hj Ratna Bambang. Foto: adhi

Dampak dari kebijakan ini tingkat hunian hotel meningkat sehingga memberikan nilai lebih terhadap upaya menghimpun PAD.

“Saya menginginkan semua BPC di Jawa Barat bisa melakukan hal serupa,bagaimana bisa mensinergikan program kerja dengan pemerintah daerah. Begitu pun sebaliknya, tentu harapannya kami kepada kepala daerah atau wali kota bisa mensupport kegiatan teman-teman di BPC PHRI,” pinta Herman—yang juga Ketua Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) Jawa Barat.

Hadir dalam pelantikan Ketua BPC PHRI 2019-2024 Hj Ratna Bambang Heryanto dan jajaran kepengurusan,Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Subang H Aminudin,Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora),Subang Asep Setia Permana,Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Subang H. Ahmad Sobari, Sekjen BPD PHRI Jawa Barat Herie Hermanie Soewarma, Anggota Komisi 3 DPRD Kabupaten Subang M. Julian Robert dan undangan lainnya.

Sekretaris Daerah Kabupaten Subang Aminudin. Foto: adhi

Sementara itu Ratna Bambang—yang terpilih untuk ke-4 kalinya sebagai Ketua BPC PHRI Subang mengemukakan kedepan pihaknya akan mendorong agar kerjasama pemerintah daerah dengan pelaku usaha,khususnya di sektor pariwisata bisa lebih dioptimalkan.

“Agar perkembangan pariwisata di Subang bisa lebih ditingkatkan, curhatan kami, kiranya Pemda (Subang) bisa mengalokasikan anggaran untuk kegiatan promosi di PHRI. Selama ini PHRI Subang tidak pernah mendapatkan anggaran, dibandingkan dengan anggaran-anggaran yang lain,” ungkap Ratna.

Namun demikian, semangat untuk menumbuhkan upaya pengembangan pariwisata di Kabupaten Subang harus tetap ditingkatkan.

“Karena untuk meningkatkan pariwisata ini adalah tugas kita bersama,tugas pemerintah,dan tugas pengusaha swasta. Untuk itu mari kita  menciptakan iklim usaha yang kondusif. Termasuk menciptakan sumberda manusia (SDM) yang mengerti sapta pesona,” lanjutnya.

Ketua BPD PHRI Jawa Barat Herman Muchtar saat menerima cinderamata dari Ketua BPC PHRI Subang,Ratna Bambang,Kamis (26/2/2020). Foto:adhi

Ditempat yang sama, Sekretaris Daerah Subang Aminudin menyampaikan bahwa pihaknya dalam waktu dekat akan menggelar beberapa event dalam rangka peringatan HUT Kabupaten Subang. Puncak event tersebut dijadwalkan akan digelar pada 5 April 2020.

“Tema yang kita usung adalah Amazing Subang Juara 2020. Dalam event ini ada dua kegiatan yang berskala internasional. Yang pertama Trail Run, dimana dalamnya ada sebuah kegiatan marathon 20 km,paralayang dan gantole,” jelasnya.

Event tersebut,lanjut Aminudin, dalam rangka memperkenalkan tempat-tempat wisata atau kawasan induk pariwisata di Kabupaten Subang.

“Nanti ada kegiatan yang memang kita targetkan pesertanya kurang lebih sekitar 2000 orang. Kita akan  mengundang seluruh kabupaten/kota se-provinsi Jawa Barat serta 10 provinsi di Indonesia. Tak hanya itu, ada 10 negara di Asia Pasific dan Asia Tenggara yang juga akan kita undang,” tandasnya.

Pengurus BPC PHRI Subang foto bersama dengan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Subang Aminudin dan Ketua BPD PHRI Jawa Barat Herman Muchtar. Foto: adhi

Untuk 10 negara yang diundang tersebut adalah mereka yang akan mengikuti event gantole,paralayang dan marathon 20 km.

“Kami juga memiliki sub tagline someah hade kasemah yang kami ambil inspirasinya dari teman-teman di perhotelan dan restoran. Jadi seluruh perangkat daerah yang berjumlah 11 ribu lebih pegawai negeri sipil dalam pelayanan terhadap publik dan pelayanan lainnya itu diwajibkan memiliki ciri khas tertentu tentang perilaku senyum,salam dan sapa,” kata Sekda.

Seperti diketahui Ratna Bambang Heryanto kembali didaulat memimpin Badan Pimpinan Cabang Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (BPC-PHRI) Kabupaten Subang periode 2019 – 2024.

Dirinya terpilih secara aklamasi pada acara Musyawarah Cabang PHRI Kabupaten Subang yang digelar di Sari Alam, Ciater pada 8 Januari 2020 lalu.

(adh)