Peningkatan Talent dan Culture Menuju Go Global

oleh -
Program peningkatan kualitas talent & culture menjadi prioritas utama DPD IHGMA memasuki tahun 2020. Foto:Ist

JALAJAHNUSAE.com – Dengan program kerja yang strategis untuk memberikan benefit pada anggota, DPD IHGMA Bali berkontribusi pada industri serta meningkatkan kepedulian sosial kemasyarakatan serta pada lingkungan.

Program peningkatan kualitas talent & culture ini menjadi prioritas utama selain sektor lainnya seperti kepedulian pada lingkungan dan budaya, promosi wisata serta membantu pemerintah dalam penyusunan kebijakan-kebijakan dan program kerja untuk memajukan pariwisata di Bali umumnya dan Badung khususnya.

Sangat dipahami bahwa pariwisata yang bersifat universal ini harus diikuti oleh kualitas talent & culture yang go global untuk dapat mengikuti perkembangan dan tren dunia yang selalu dinamis dan agresif.

Selain menyelenggarakan pelatihan-pelatihan dengan topik yang menjadi isu hangat dan menantang buat para GM, asosiasi profesi pimpinan hotel ini juga mengupayakan anggotanya untuk mendapatkan pengakuan keahlian dan kompetensi tingkat nasional, regional dan internasional.

Hal ini menjadi kebutuhan bagi seluruh anggota mengingat selain wisatawan nusantara pengunjung yang datang ke Bali juga dari mancanegara, yang mesti disuguhkan produk dan layanan dengan kualitas tinggi.

Program peningkatan kualitas talent & culture ini juga diterapkan dengan membina para calon hotelier yang saat ini masih mengenyam pendidikan di bangku kuliah pada sekolah kepariwisataan.

Selain sebagai misi sosial asosiasi, hal ini juga dipandang sebagai tanggung jawab moral untuk menyiapkan proses regenerasi sejak dini untuk membentuk karakter calon pekerja perhotelan yang benar-benar siap terjun ke dunia industri secepatnya begitu masa perkuliahan mereka berakhir.

Sehingga tercipta simbiosis mutualisme antara industri, lembaga pendidikan serta masyarakat luas sebagai pencari kerja.

Para GM dalam asosiasi ini dengan senang hati membagi waktunya untuk mendidik para calon hotelier berkelas dunia di kampus demi eksistensi destinasi dengan kualitas talent & culture terbaik.

Foto:ist

Seiring dengan program tersebut, DPD IHGMA Bali juga telah berhasil mengirimkan puluhan anggotanya untuk mengikuti ujian kompetensi untuk mendapatkan sertifikat keahlian sebagai pimpinan hotel yang diselenggarakan oleh pemerintah melalui Kementerian Pariwisata RI bekerja sama dengan BNSP RI beberapa waktu yang lalu.

Sebagai tindak lanjut implementatif para GM ini menjalankan program sosial dalam mentorship program di beberapa SMK di Bali demi mengurangi bahkan meniadakan kesenjangan antara akademis dan industri sehingga tercipta program link & match antara sekolah dan bisnis.

Dalam upaya meningkatkan soliditas seluruh anggotanya, DPD IHGMA Bali kembali menyelenggarakan agenda tahunan yang tahun ini memasuki tahun ke-4 dan bertajuk “The 4th IHGMA Bali Annual Gathering” pada hari Jumat, 31 Januari 2020 bertempat di Segara Seafood Restaurant di kompleks Discovery Kartika Plaza Bali.

Selain untuk meningkatkan silaturahmi antar anggota, kegiatan ini juga untuk mengapresiasi perusahaan-perusahaan di luar industri perhotelan yang tergabung dalam associate member dan telah mendukung kegiatan-kegiatan asosiasi selama ini.

Panitia yang dipimpin I Made Pastika, CHA ini memilih tema “WOW; Wonder of Wealth” yang mengandung makna mengapresiasi professional secara individu bagi anggota IHGMA serta secara asosiasi dalam berkontribusi terhadap dunia pariwisata.

Kegiatan ini dirangkaikan juga dengan Pengukuhan Pengurus DPC IHGMA Gianyar periode 2020-2023 dengan ketuanya Agus Suananda, CHA.

Undangan dalam gathering ini selain para anggota IHGMA Bali terdapat pengurus dan penasehat DPP IHGMA, unsur pemerintahan (Kadisparda Bali, Kadisparda Badung – Denpasar – Gianyar), unsur asosiasi (GIPI, PHRI, ASITA, HPI, dan lainnya), unsur pendidikan kepariwisataan (HILLSI, HILDIKTIPARI), para associate member, sponsor, media cetak, online dan elektronik.

Dalam tahun 2020 ini telah disusun program kerja yang terfokus pada 3 poin utama yaitu Competency Development, Community Development dan Corporate Business Development, yang semuanya dijabarkan dalam kegiatan-kegiatan yang terintegrasi dan melibatkan para anggota serta stakeholder terkait.

(adh)